spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Mantap! Telkom selama Setahun Meraup Rp1,4 T dari GoTo

KNews.id- PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. ternyata meraih pendapatan Rp 1,4 triliun dari sinergi bisnis antara Telkomsel dengan GoTo. Sinergi bisnis antara keduanya adalah hasil dari investasi Telkomsel di GoTo.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menjelaskan bahwa hasil investasi Telkomsel di GoTo tak sebatas dari potensi pengembalian investasi.

- Advertisement -

Telkomsel juga meraih pendapatan operasional dari sinergi perusahaan dengan perusahaan teknologi hasil penggabungan Gojek dan Tokopedia tersebut.

“Jadi kan salah satu alasan GoTo kita invest ada sinerginya, dengan Telkomsel, paling gampang dengan pengemudi Gojek, bisa ditawarkan kartu SIM Telkomsel,” kata Ririek dalam wawancara dengan beberapa media pada Kamis (6/4/2023).

- Advertisement -

Pendapatan yang diraih Telkomsel dari banyak program sinergi dengan GoTo, termasuk pembelian pulsa, mencapai Rp 1,4 triliun sepanjang 2022.

Ririek mengatakan pendapatan dari sinergi tersebut menghasilkan arus masuk uang ke kas Telkom. Di sisi lain, arus keluar uang dari kas Telkom hanya akan terjadi satu kali yaitu saat Telkomsel berinvestasi pada 2021.

- Advertisement -

“Ada cash flow lagi nanti, setelah nanti [saham GoTo yang dimiliki Telkomsel] dijual. Selama ini belum ada arus kas apa-apa lagi,” kata Ririek.

Telkom mencatatkan kerugian investasi yang belum direalisasikan senilai Rp 6,44 triliun dalam laporan keuangan 2022. Kerugian tersebut berdampak besar ke bottom line perusahaan, yaitu laba Rp 27,68 triliun.

Secara spesifik, kerugian ini sebagian besar terakumulasi dari penurunan signifikan nilai investasi di GoTo. Per tanggal 31 Desember 2022, Telkomsel menilai nilai wajar investasi di GOTO dengan menggunakan nilai pasar saham GOTO sebesar Rp 91 per saham.

Ririek menjelaskan kerugian tersebut tidak mencerminkan arus kas perusahaan karena sebatas pencatatan akuntansi. “Yang penting adalah laba operasional, yang kita lihat.” (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini