spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Mantab! Inilah Negara dengan Fasilitas Gratis untuk Kebutuhan Pokok Warganya

KNews – Mantab! inilah negara dengan fasilitas gratis untuk kebutuhan pokok warganya. Setiap negara memiliki kebijakan tertentu untuk memenuhi kebutuhan warganya.

Upaya pemenuhan kebutuhan tersebut biasanya ditopang oleh kewajiban pembayaran pajak oleh seluruh masyarakat, yang lalu digunakan untuk membiayai pemberian sejumlah fasilitas bagi kelompok masyarakat yang dianggap membutuhkan.

- Advertisement -

Fasilitas yang diberikan tersebut, diantaranya, diwujudkan dalam bentuk subsidi atau bahkan menggratiskan sejumlah kebutuhan yang menjadi tanggungan masyarakat.

Berikut ini sebagian contoh deretan negara yang memberikan fasilitas gratis terhadap sejumlah kebutuhan masyarakatnya.

- Advertisement -

Jerman

Jerman memberikan fasilitas pendidikan gratis pada tahun 2014, pemerintah Jerman memberlakukan biaya pendidikan gratis untuk seluruh universitas negeri bagi mahasiswa sarjana. Bahkan untuk keperluan administrasinya hanya dikenakan biaya yang sedikit per semesternya.

Pemerintah Jerman punya kepercayaan bahwa pendidikan bukan suatu hal yang dapat di komersilkan sehingga diberlakukannya fasilitas pendidikan secara gratis.

- Advertisement -

Dengan fasilitas tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses pendidikan tanpa harus memikirkan biaya yang tinggi.

Lithuania

Lithuania memberikan fasilitas internet gratis diera teknologi saat ini, internet yang  merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki semua orang untuk menunjang beberapa keperluan penting.

Internet dipercaya dapat digunakan dengan baik. Tetapi dibalik itu semua, kebutuhan internet yang sangat tinggi juga bergaris lurus dengan biaya yang tak sedikit.

Lithuania memiliki akses WiFi yang gratis dan mudah ditemukan. Bahkan di jalan maupun ditempat seperti restoran sudah memiliki akses internet yang praktis digunakan oleh masyarakat

Denmark

Berbicara mengenai aspek terpenting bagi masyarakat luas, tentu salah satunya adalah fasilitas kesehatan.

Fasilitas ini sangat amat dibutuhkan untuk menunjukan kualitas masyarakat yang sehat, baik secara jasmani dan rohani.

Denmark pun, hadir sebagai salah satu negara yang menawarkan fasilitas kesehatan gratis.

Dengan pelayanan kesehatan gratis, pemerintah Denmark memiliki prinsip bahwa masyarakatnya berhak untuk memperoleh hak yang sama dan setara, termasuk dalam urusan pelayanan kesehatan.

Hal ini menyebabkan Denmark menjadi salah satu negara yang memberikan fasilitas kesehatan gratis. Bahkan fasilitas ini dapat digunakan oleh masyarakat internasional.

Qatar

Kalian mungkin sering mendengar masyarakat Indonesia mengeluhkan banyaknya biaya yang dikeluarkan per bulannya untuk biaya listrik yang menjadi kebutuhan utama.

Namun hal itu berbeda ketika kalian tinggal di Qatar, kalian tidak perlu menguarkan biaya perbulan untuk listrik.

Karena negara ini tidak memungut biaya untuk listrik, air, dan biaya telepon. Ini akan membuat masyarakat lokal di sana untuk  memperoleh listrik, air, dan biaya telepon dengan gratis.

Finlandia

Rumah menjadi kebutuhan utama yang dimiliki oleh setiap orang sebagai tempat untuk berlindung. Nyatanya di beberapa negara masih saja banyak para tunawisma yang harus mengandalkan dirinya untuk tinggal di pinggir jalan.

Melihat fenomena sosial itulah ternyata pemerintah Finlandia pun membuat solusi luar biasa dengan menyediakan rumah gratis.

Para tunawisma dapat tinggal dalam waktu tertentu entah sebentar atau bahkan lama, sampai memiliki kemampuan finansial yang stabil.

Cara ini dilakukan untuk mendukung kesetaraan hak bagi setiap orang agar memiliki rumah atau tempat tinggal yang layak.

Itulah beberapa negara yang memiliki fasilitas publik yang gratis. negara-negara tersebut memberlakukan fasilitas gratis agar masyarakat dapat merasakan kesejahteraan. (RKZ/idxc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini