spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

Mahfud MD Sebut Hak Angket Akan Diajukan di DPR: Naskah Akademiknya Tebal Sekali

 

KNews.id – Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, menyebut partai pengusungnya akan mengajukan hak angket di DPR untuk menyelidiki dugaan kecurangan pada Pemilu 2024.

- Advertisement -

Ia menyebut telah menerima naskah akademik yang disusun oleh sejumlah ahli untuk pengajuan hak angket. Mahfud mengatakan naskah tersebut setebal sekitar 75 halaman.

“Saya membaca bahwa rancangan angket itu serius dan sudah jadi. Saya sudah pegang naskah akademiknya tebal sekali. Di atas 75 halaman lah ya yang sudah saya baca itu. Jadi angket itu jalan,” kata Mahfud di Jakarta.

- Advertisement -

Namun, ia mengakui pengajuan angket harus dikoordinasikan lebih lanjut oleh jajaran partai politik (parpol).

“Tinggal kan itu perlu koordinasi teknis ya, siapa yang tanda tangan di depan. Itu sudah ada nama-namanya, tapi yang mau tanda tangan itu kan harus membaca dulu juga ya, biar nanti ketika mempertahankan itu tahu,” katanya.

- Advertisement -

Menurut dia, proses hak angket akan berjalan mulus pada tahap pengusulan di DPR. Tapi, Mahfud tak bisa memastikan apakah akan disetujui oleh seluruh anggota parlemen atau tidak.

“Ya mungkin ya, mungkin tidak. Kalau saya melihat semangatnya itu tidak akan mandek untuk tahap pengusulan ya. Nanti perdebatannya di tahap persetujuan, apakah mau dilanjutin usul ini, atau tidak,” ujarnya.

Sebelumnya, Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) disebut bersungguh-sungguh untuk mengajukan hak angket di DPR guna mengusut dugaan kecurangan pada Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Untuk menunjukkan keseriusan, kata Djarot, Fraksi PDIP saat ini tengah menyusun naskah akademik.

“Jelas kita sungguh-sungguh karena kita menginginkan proses demokrasi kita itu bisa berjalan dengan baik, jujur, adil dan bermartabat. Oleh sebab itu, kami lagi mengkaji dan menyiapkan draf akademisnya,” kata Djarot.

(Zs/Kmps)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini