spot_img
Selasa, Maret 19, 2024
spot_img

Mahfud MD Bercerita Pernah Diberikan Dua Amplop oleh Tjahjo Kumolo, Apa Isinya?

KNews – Mahfud MD bercerita pernah diberikan dua amplop oleh Tjahjo Kumolo. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan kenangannya bersama almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. Mahfud menyebut soal ‘amplop’ yang diberikan Tjahjo pada pertemuan pertama dan terakhirnya.

Mahfud menceritakan pertemuan perdananya dengan Tjahjo di momen Idulfitri pada 22 tahun silam. Keduanya bertemu di kediaman Megawati Soekarnoputri yang kala ini menjabat sebagai wakil presiden.

- Advertisement -

“Saya bertemu langsung dan ngobrol dengan Pak Tjahjo Kumolo adalah pada Idulfitri tahun 2000, saat saya baru diangkat sebagai Menhan. Saat itu saya berlebaran di rumah Wapres Bu Megawati dan Pak Tjahjo ada di sana,” cuit Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Sabtu (2/7/2022).

Meski baru saling bertemu, Tjahjo kala itu menyerahkan amplop yang ditulis ‘Untuk pak Mahfud’.

- Advertisement -

Mahfud tidak menceritakan apa isi dari amplop tersebut. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut kemudian bercerita soal pertemuan terakhir dengan Tjahjo.

Lagi-lagi keduanya bertemu di sebuah acara yang dihadiri oleh Megawati. Acara yang dimaksud ialah peresmian Smart School Dr Ir Soekarno di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) pada 30 Mei 2022.

Tjahjo kembali menyerahkan satu amplop untuk Mahfud.

“Saat itu pun dia menyerahkan satu amplop kepada saya sambil ngobrol berdua sebentar,” ucapnya.

Bukan berarti keduanya hanya bertemu dua kali. Mahfud menyebut dirinya kerap bertemu dengan Tjahjo.

Namun dua pertemuan itu menjadi momen yang tidak akan bisa ia lupakan karena amplop yang diberikan Tjahjo. Mahfud lantas membongkar isi amplop yang diberikan Tjahjo.

Amplop yang dimaksud ternyata berisikan tentang konfigurasi dan peta kekuatan politik terkini. Tjahjo juga memberikan daftar aktor kunci situasi politik di Indonesia.

“Pak Tjahjo rupanya rajin membuat analisis yang dilengkapi dengan diagram-diagram,” nilai Mahfud.

Tjahjo Wafat

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (2/7/2022). Mahfud mengungkap dirinya menjenguk ketika Tjahjo masih menjalani perawatan kurang lebih sepekan ke belakang.

Mahfud menyebut kondisi Tjahjo pada saat itu memang sudah tidak bisa berkomunikasi.

“Saya sempat jenguk kira-kira seminggu yang lalu memang sudah tidak bisa berkomunikasi karena dokter menyarankan agar istirahat, tidak bisa diganggu,” kata Mahfud di Kantor KemenPAN RB, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo sempat menjalani perawatan insentif selama dua pekan. Atas kondisi tersebut, Mahfud menjadi MenPAN RB ad interim hingga 1 Juli 2022.

Mahfud mengaku sangat terpukul ditinggalkan kerabat sekabinet secara tiba-tiba. Kendati begitu, Mahfud tetap ikhlas menerima kepergian Tjahjo.

“Sangat terpukul, sedih tetapi kami menerima karena inalillahi wa inna illahi rajiun, kita ini ada karena Allah, oleh Allah, untuk Allah dan oleh Allah juga kita dipanggil,” ucapnya. (RKZ/sc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini