spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Mahathir Sebut PM Malaysia Anwar Ibrahim Diktator, Kenapa?

Tanpa menyebut nama, Anwar mengatakan pada bahwa para pemimpin putus asa yang telah kehilangan kekuasaan memanipulasi isu-isu sensitif.

“Mereka yang mempermainkan isu ras dan agama, memecah belah masyarakat dan menghasut kekerasan, saya akan mengambil tindakan tegas,” katanya seperti dikutip harian The Star.

- Advertisement -

Jumat lalu, Anwar telah memerintahkan pasukan keamanan untuk waspada terhadap mereka yang mengobarkan retorika rasial dan agama. Perintah muncul menjelang konvensi nasionalis Melayu yang direncanakan pada Minggu.

Selama masa jabatan pertamanya sebagai PM Malaysia, Mahathir sempat dicap sebagai diktator oleh para pendukung Anwar.

- Advertisement -

Pemecatan Anwar sebagai wakil perdana menteri pada tahun 1998 oleh Mahathir dan pemenjaraan berikutnya menyebabkan munculnya gerakan Reformasi, dengan para pendukung Anwar menyebut Mahathir mahafiraun (firaun besar) dan mahazalim (penindas besar).

Pria berusia 97 tahun itu menjabat sebagai perdana menteri dua kali, dari 1981 hingga 2003 dan dari 2018 hingga 2020, serta mengundurkan diri dua kali.

- Advertisement -

Dia kehilangan kursi parlemen Langkawi dalam pemilihan umum 2022, berada di urutan keempat, di belakang kandidat dari Perikatan Nasional, Barisan Nasional dan Pakatan Harapan, serta memperoleh kurang dari 10 persen suara. Ini adalah kekalahan pertamanya dalam pemilihan parlemen Malaysia sejak dia kalah pada tahun 1969.

Mahathir, PM terlama dalam sejarah Malaysia, baru-baru ini juga keluar dari partai Pejuang. Dia membentuknya setelah diusir dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia, yang dia dirikan bersama mantan perdana menteri Muhyiddin Yassin. “Gerakan Sheraton” yang terkenal terakhir menggulingkan pemerintahan Mahathir kedua pada tahun 2020. (Bay/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini