Mahasiswa Pendaftar KIP Kuliah Diimbau Klaim Ulang Akun, Dampak PDN
1 min read

Mahasiswa Pendaftar KIP Kuliah Diimbau Klaim Ulang Akun, Dampak PDN

KNews.id –  Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau para mahasiswa baru tahun 2024, yang sudah mendaftar sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) untuk mengklaim ulang akun KIP Kuliah mereka. Setidaknya, ada 853.393 orang yang sudah melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024, sebelum sistem KIP Kuliah terkendala.

Serangan siber ransomware pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 berimbas pada sistem KIP Kuliah, sehingga pencairan dana bagi penerima dan pendaftar KIP Kuliah tertunda. Namun, Kemendikbudristek memastikan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 tetap berlangsung, seiring dengan proses pemulihan sistem.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengklaim data cadangan penerima dan pendaftar KIP Kuliah aman di data pusat kementeriannya. Sehingga, mahasiswa tetap akan menerima haknya.

“Koordinasi erat dengan perguruan tinggi juga terus kami lakukan untuk menjamin hak mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing dan pendaftar KIP Kuliah baru,” ucapnya melalui keterangan tertulis pada Senin, 1 Juli 2024.

Mahasiswa baru harus mengklaim ulang akun KIP Kuliah pada 29 Juli hingga 31 Agustus 2024. Klaim dilakukan melalui link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Melalui link tersebut, penerima dapat masuk menggunakan nomor induk kependudukan atau NIK dan nomor induk siswa nasional atau NISN. Selanjutnya, mereka harus mengunggah kembali dokumen dan data dukung pendaftaran KIP Kuliah.

Suharti berjanji sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi paling lambat 29 Juli 2024. “Proses pemindahan, pemulihan, dan rekonfigurasi interkoneksi sistem KIP Kuliah dengan sistem lain di pemerintah membutuhkan waktu. Sistem KIP Kuliah akan kembali beroperasi sepenuhnya paling lambat pada tanggal 29 Juli 2024,” ucapnya.

Bagi yang belum pernah melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2024, pendaftaran KIP Kuliah 2024 akan dibuka kembali mulai tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Oktober 2024.

(Zs/tmp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *