spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Mahasiswa Demo BBM Sindir Puan hingga Megawati: Ke Mana Tangisannya?

KNews.id-Sejumlah mahasiswa menggelar demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus). Dalam orasinya, orator mahasiswa menyinggung soal Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Ke mana tangisan Ibu Puan, Kawan-kawan? Ke mana tangisan Ibu Puan? Seolah hilang ketika Joko Widodo menaikkan harga BBM, Kawan-kawan,” kata orator dari atas mobil komando, Senin (12/9/2022).

- Advertisement -

Selain menyinggung Puan, mahasiswa menyinggung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Orator mempertanyakan sikap Megawati terkait kenaikan harga BBM.

“Tangisan-tangisan dari Ibu Megawati, mana hari ini? Kita selalu mahasiswa mempertanyakan tangisan-tangisan tersebut kawan kawan,” ujarnya.

- Advertisement -

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (12/9), massa terlihat telah merobohkan separator yang terpasang. Massa telah berhadapan langsung dengan petugas kepolisian yang berjaga.

Dalam demo kali ini, mahasiswa membawa 4 poin tuntutan. Tuntutan pertama adalah menolak dengan tegas kenaikan harga BBM bersubsidi. Kedua, menunda pembangunan IKN untuk memprioritaskan anggaran pada upaya stabilisasi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

- Advertisement -

Tuntutan ketiga, mahasiswa menuntut untuk ada realokasi anggaran belanja kementerian atau lembaga yang tidak produktif. Dan Tuntutan terakhir, mendorong pemerintah untuk memastikan energi berbasis minyak dan gas bumi di dalam negeri terpenuhi secara mandiri.

Diketahui, hari ini ada sejumlah titik demonstrasi penolakan harga BBM naik di Jakarta yang dilakukan kelompok-kelompok yang berbeda.

Titik-titik demo itu terjadi di area Patung Kuda, kantor ojek online (ojol) di Blok M Jaksel, gedung DPR/MPR, dan Balai Kota Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, polisi bakal mengerahkan total 6.142 personel untuk pengawalan dan penjagaan aksi demonstrasi kenaikan harga BBM. Salah satu yang akan dikawal ialah aksi PA 212 bersama ormas lainnya di Istana Negara.

“Kemudian untuk perkuatan pasukan yang diturunkan 6.142 personel,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada detikcom, Minggu (11/9). (Ach/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini