spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Luar Biasa! Target Penjualan ORI020 di Bank Mandiri terlampui hingga Rp1,97 T

KNews.id- Animo masyarakat pada surat utang negara ritel tinggi. Target penjualan obligasi ritel seri ORI020 yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 15 triliun, tercapai sebelum masa penawaran berakhir.

Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengonfirmasi target yang tertera di aplikasi e-SBN untuk ORI020 sebesar Rp 15 triliun sudah habis terjual pada 18 Oktober. Sementara, jadwal penawaran ORI020 sejatinya masih sampai 21 Oktober.

- Advertisement -

Menurut Deni, faktor utama yang mendongkrak penjualan ORI020 adalah penurunan pajak atas bunga SBN dan potensi capital gain. “Tentunya ini menjadi penambah daya tarik ORI020 bagi investor, apabila membandingkan dengan jenis investasi sejenis seperti deposito, yang pajak atas bunganya sebesar 20%,” terang dia.

Kompak, para mitra distribusi juga mengatakan target penjualan sudah lebih dulu tercapai sebelum masa penawaran akhir. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Atturidha mengatakan, hasil penjualan ORI020 di Bank Mandiri sampai dengan 19 Oktober mencapai Rp 1,97 triliun. Realisasi tersebut melampaui target penjualan awal yang ditetapkan sebesar Rp 1,5 triliun.

- Advertisement -

“Masih ada oversubscribed yang cukup besar karena adanya adanya dana jatuh tempo produk ORI015, tetapi sesuai dengan ketentuan pemerintah kuota penjualan ORI020 yang telah di-release tidak dapat ditambahkan,” kata Rudi, Kamis (21/10).

Faktor yang membuat ORI020 laris diburu menurut Rudi adalah kupon yang ORI020 tawarkan di 4,95% masih relatif tinggi dan lebih menarik dari produk ritel lain.

- Advertisement -

Sementara, profil investor yang membeli ORI020 di Bank Mandiri sebagian besar berasal dari generasi X dan baby boomers. Porsinya sebesar 78,6% dari jumlah investor yang mencapai lebih dari 3.000 investor. (Ade/kntn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini