spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Lippo Menjual Saham LINK ke XL Axiata, Ssst….Ini Bocoran Harganya!

KNews.id- Pelepasan saham PT Link Net Tbk (LINK) kepada calon pemegang saham pengendali barunya, PT XL Axiata Tbk (EXCL) diperkirakan akan dilakukan di atas harga pasar saat ini alias premium. Transaksi jual beli saham ini ditargetkan rampung sebelum akhir Agustus 2021 ini. CEO dan Direktur Utama Link Net Marlo Budiman mengatakan hingga saat ini masih belum dipastikan berapa tepatnya harga yang akan diberikan kepada XL.

“Tapi yang pasti premium, di atas harga saham sekarang,” kata Marlo kepada CNBC Indonesia, Selasa (3/8).

- Advertisement -

Dia menyebutkan seluruh dana dari hasil pelepasan saham ini akan diterima oleh pemegang sahamnya yang melepas saham tersebut, sebab penjualan ini merupakan hasil divestasi dari pemegang saham eksisting saat ini. Jadi dana divestasi tidak masuk langsung ke LINK.

“Tapi LINK sudah punya cukup dana untuk menjalankan capex [capital expenditure/belanja modal] 2021 untuk network expansion dan penambahan pelanggan, dan juga untuk project MRO (Poles Migration),” lanjutnya.

- Advertisement -

Proyek Migration Roll Out (MRO) itu adalah migrasi dari tiang-tiang PLN ke tiang sendiri atau tiang partner. Ke depan, dengan masuknya XL sebagai pemegang saham pengendali, perusahaan akan berfokus pada pengembangan jaringan dan menargetkan pertumbuhan pelanggan yang lebih agresif.

Selain itu, katanya, perusahaan juga akan masuk pada bisnis baru dengan mensinergikan infrastruktur dan backhaul capacity milik LINK dengan ekspansi jaringan 5G milik XL. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemegang saham mayoritas Link Net bakal melepas kepemilikannya. Pemegang saham yang dimaksud adalah Grup Lippo melalui PT First Media Tbk (KBLV) dan perusahaan private equity global CVC Capital Partners via Asia Link Dewa Pte.

- Advertisement -

Kepemilikan saham Link Net oleh CVC (Asia Link Dewa) adalah sebesar 36,99%, sementara kepemilikan saham Link Net oleh First Media adalah 29,04%. Dengan demikian, nantinya setelah transaksi tersebut, EXCL akan memiliki 1.816.735.484 atau setara dengan 66,03% saham LINK. Transaksi ini sekaligus menjadikan XL sebagai pengendali baru Link Net.

XL pun telah merencanakan untuk melakukan penawaran tender wajib yang diwajibkan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan OJK No. 9/2018 setelah transaksi ini dilakukan. Hingga pukul 10.30 siang ini, saham LINK telah menguat 0,68% ke Rp 4.420/saham. Dalam satu bulan terakhir saham ini sudah menguat 2,08% dan sejak awal tahun telah terjadi penguatan 83,40%. Dengan asumsi harga saat ini saja Rp 4.420, nilai transaksi divestasi itu mencapai Rp 8,03 triliun. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini