spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

LIPI Menolak Pemilu Borongan 2024

KNews.id- Pemilu borongan 2024 harus ditolak karena memunculkan biaya besar dan merepotkan petugas penyelenggaranya.

“Saya merekomendasikan pemilu borongan 2024 harus dihindari,” kata pengamat LIPI Siti Zuhro dalam diskusi daring Pemilu dan Pilkada Borongan 2024: Realistiskah? pada Ahad (7/2).

Pada pemilu 2019, penyelenggara melaksanakan lima pemilihan sekaligus, yakni pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg) anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

- Advertisement -

Bukan efisiensi anggaran yang didapat, justru pelaksanaan pemilihan lima kotak itu menghabiskan biaya lebih besar. Tidak hanya ongkosnya yang besar, tetapi Indonesia juga kehilangan ratusan petugas penyelenggara ad hoc.

Diduga, mereka wafat karena kelelahan menjalankan tahapan dari lima pemilihan sekaligus di pemilu 2019.

“Pemilu dan pilkada tak seharusnya disatukan menjadi pemilu borongan 2024. Yang lalu sudah borongan lima kotak, jangan ditambah lagi dengan dua kotak, lima kotak saja sudah luar biasa ampun-ampun,” kata Siti Zuhro.

- Advertisement -

Ia menuturkan, selama ini pun proses demokrasi melalui pemilihan presiden maupun kepala daerah hanya prosedural. Pemilu dan pilkada yang substantif dan berkualitas sekurang-kurangnya direfleksikan dengan terpilihnya pemimpin yang jujur, kompeten, amanah, transparan/komunikatif, dan bijaksana.

Pelaksanaan demokrasi melalui pemilu dan pilkada juga perlu dibenahi secara substantif khususnya terkait perilaku distortif atau menyimpang/melanggar yang dilakukan para peserta pilkada dan pemilu.

- Advertisement -

Siti Zuhro berharap, pemilu dan pilkada bisa meningkatkan kesadaran politik masyarakat, khususnya dalam konteks partisipasi dan kontestasi untuk memilih pemimpin yang amanah dan kompeten. (AHM)

Sumber: https://suaranasional.com/2021/02/07/lipi-tolak-pemilu-borongan-2024/

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini