spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Lewat Telkomsel, Telkom Indonesia Perluas Jaringan 5G!

KNews.id-PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggenjot bisnis telekomunikasi lewat anak usahanya, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel). Perkembangan pesat internet mendorong Telkomsel untuk memperluas cakupan jaringan 5G di Indonesia.

VP Corporate Communication Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan, Telkomsel berkomitmen secara konsisten melakukan pemerataan akses infrastruktur dan kualitas broadband terdepan 5G secara bertahap dan terukur di seluruh Indonesia.

- Advertisement -

Sejak pertama kali menggelar jaringan dan layanan 5G pada 24 Mei 2021, hingga kini Hyper 5G Telkomsel telah hadir di sejumlah wilayah di 39 kota di seluruh Indonesia, dengan dukungan 248 BTS 5G.

“Fokus pembangunan jaringan 5G dilakukan Telkomsel tertuju pada peningkatan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital serta mengakselerasikan peta jalan transformasi digital para pelaku lintas sektor industri melalui pemanfaatan teknologi 5G yang lebih komprehensif,” ungkap Saki kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

- Advertisement -

Saki bilang, Telkomsel terus mengembangkan jaringan dan layanan 5G di seluruh Indonesia dengan terus membangun kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat ekosistem pemanfaatan teknologi 5G, baik untuk segmen consumer/ B2C maupun B2B.

Pihaknya berkomitmen tetap akan mendorong pertumbuhan pelanggan baru di 2022. Salah satu yang utama adalah memastikan adanya pertumbuhan pelanggan aktif dengan nilai ARPU dari bisnis broadband dan digital, dengan length of stay yang berkelanjutan.

- Advertisement -

“Upaya-upaya tersebut Telkomsel lakukan agar transformasi digital di lintas sektor industri dapat semakin mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,” ujar Saki.

Bulan lalu, Telkomsel pun telah menambah dan memperluas cakupan jaringan 5G dengan menambah 24 BTS 5G yang telah menjangkau Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kawasan ITDC Nusa Dua, Apurva Kempinski, Anvaya Resort, Alila Uluwatu dan Bali Turtle Island Development.

Telkomsel juga melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 130 BTS broadband, termasuk tambahan 46 BTS 4G/LTE dan mengoperasikan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT) guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah area, seperti area penginapan, lokasi acara, titik-titik transit transportasi.

Perluasan jaringan ini juga menjadi wujud dukungan terhadap penyelenggaraan G-20 di Bali. Para delegasi dan pelanggan dapat merasakan keunggulan jaringan Hyper 5G Telkomsel dengan menjajal kecepatan akses broadband tersebut dengan menggunakan smartphone 5G yang didukung oleh sejumlah mitra device Telkomsel seperti Apple, OPPO, Samsung, Vivo dan Xiaomi.

Selain itu, Telkomsel terus memperkuat pilar digital connectivity yang menjadi fondasi penting dalam pengembangan dan pemanfaatan digital platform dan digital services bagi masyarakat Indonesia.

Saki memaparkan, demi mengembangkan infrastruktur yang mendukung bisnis digital, Telkomsel telah memiliki 154.000 unit BTS 4G dan secara bertahap membangun BTS 5G. Total BTS yang dimiliki Telkomsel hingga akhir semester pertama 2022 mencapai 255.107 unit atau tumbuh 7,5% YoY di mana 204.908 di antaranya adalah BTS 3G/4G/5G. Khususnya 4G/LTE, Telkomsel telah melayani lebih dari 96% wilayah populasi di Indonesia.

Telkomsel berkontribusi lebih dari separuh pendapatan yang diraup oleh induk usaha, PT Telkom Indonesia Tbk. Dari total pendapatan konsolidasi TLKM sebesar Rp 72,0 triliun pada semester I/2022, Telkomsel berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 43,6 triliun.

Jumlah pelanggan Telkomsel pada akhir Juni 2022 mencapai 169,7 juta dengan pengguna mobile data sebanyak 119,3 juta pelanggan, yang mendorong lalu lintas data tumbuh 21,4% dari periode yang sama tahun lalu. (Ach/Ktn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini