spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Lebihi Ekspektasi, Ekonomi AS Tumbuh Lebih Kuat

Sementara dalam periode satu tahun penuh di 2022, ekonomi AS tercatat mengalami pertumbuhan 2,1%. Turun dari tahun sebelumnya yang tercatat bertumbuh hingga 5,9%, yang menjadikannya pertumbuhan kinerja ekonomi AS tercepat sejak 1984.

Pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan tersebut membuat harga-harga barang melonjak, yang kemudian membuat bank sentral AS harus mengintervensi pasar melalui kebijakan moneternya untuk membawa harga-harga barang kembali stabil.

- Advertisement -

Tahun lalu, bank sentral AS, the Federal Reserve atau The Fed, menaikkan suku bunga acuan dari hampir 0% ke lebih dari 4%. Menjadikannya kenaikan suku bunga tertinggi dalam 15 tahun terakhir.

Para pejabat The Fed pun menyampaikan bahwa mereka tetap berharap agar perekonomian AS bisa beradaptasi dengan kenaikan suku bunga yang ada hingga tingkat suku bunga dapat kembali turun ke posisi normal (soft landing).

- Advertisement -

“Selama hampir setahun, The Fed terus mencoba untuk mencapai soft landing dengan menaikkan level suku bunga untuk masa waktu yang singkat, yang cukup untuk menurunkan inflasi tanpa harus menyebabkan resesi. Ini jelas bahwa kondisi perekonomian AS tetap kuat di tengah upaya The Fed untuk menurunkan tingkat suku bunga,” ujar Richard Flynn selaku managing director di Charles Schwab UK, dikutip dari BBC. (Ach/Ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini