spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

LBP Menyebut Investasi Elon Musk di Indonesia Butuh Waktu yang Lama!

KNews.id- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan rencana investasi CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk di Indonesia masih membutuhkan waktu dan proses lama. Luhut juga mengungkapkan saat ini belum ada kesepakatan resmi antara Indonesia dengan Elon Musk.

“Masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo,” ujar Luhut dalam keterangan resmi, Senin (23/5).

- Advertisement -

Luhut mengatakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah menjalin komunikasi yang sangat baik sejak dua tahun terakhir dengan Elon Musk dan pihak Tesla.

Elon Musk juga disebut tertarik berinvestasi terhadap industri nikel di Indonesia yang dinilai sangat menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem kendaraan listrik.

- Advertisement -

Sejak pertemuan delegasi Indonesia di pabrik perakitan kendaraan listrik Tesla di Austin, Texas, pada 26 April lalu, Luhut dan tim Tesla terus melakukan negosiasi secara intensif untuk merumuskan berbagai hal terkait detail formula investasi yang akan digunakan. Namun, keputusan akhir mengenai investasi akan berada di tangan perusahaan.

“Mereka (tim Tesla) sudah datang ke Indonesia awal bulan ini, mengunjungi beberapa pabrik pengolahan nikel, dan kita juga merespons dengan tidak kalah cepat untuk menunjukkan keseriusan dan dukungan kita,” ujar Luhut.

- Advertisement -

Meski terus berkomunikasi dengan Elon Musk dan tim Tesla lainnya, Luhut mengimbau semua pihak untuk bersabar karena rencana investasi masih dalam tahap negosiasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya juga berkunjung ke markas SpceX di Boca Chica Amerika Serikat, Sabtu (14/5). Jokowi menyampaikan bahwa pembicaraan antara dirinya dengan Elon Musk meliputi inovasi dan teknologi.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengundang Musk ke Indonesia pada November 2022 mendatang untuk menghadiri forum The Business 20 atau B20 yang merupakan outreach group dari G20 yang mewakili komunitas bisnis internasional. Elon Musk merespons ajakan itu dan mengatakan akan berkunjung ke Indonesia pada November 2022 mendatang.

“Mudah-mudahan di November. Terima kasih atas undangannya,” ujar Musk mengutip siaran pers Sekretariat Presiden RI saat kunjungan Jokowi di markas SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat (AS), Sabtu (14/5). (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini