spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

LBP Berjanji Harga Migor akan Stabil di Harga Rp15 Ribuan per Liter!

KNews.id- Presiden Joko Widodo telah meminta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, untuk mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pasokan minyak goreng di pasar domestik. Terkait tugas tersebut, Luhut pun memastikan stok dan harga di pasaran ke depan bakal segera stabil dalam waktu dekat.

Keyakinan tersebut didasarkan Luhut pada telah dibukanya kembali izin ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO), dan juga pemberlakuan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) serta Domestic Price Obligation (DPO).

- Advertisement -

“Karena itu pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak panik. Agar tenang karena pasokan minyak goreng dalam kondisi aman dan harganya terjangkau. Tidak perlu galau atau khawatir lagi. Soal kekhawatiran pasokan berkurang atau harga meningkat, kami pastikan tidak akan terjadi,” ujar Luhut, dalam keterangan resminya, Ahad (5/6).

Luhut mengatakan, sejak 1 Juni 2022 lalu jumlah DMO yang ditetapkan pemerintah adalah sebesar 300 ribu ton minyak goreng per bulan, atau 50 persen lebih tinggi dibanding kebutuhan domestik.

- Advertisement -

“Ini dilakukan untuk membanjiri pasar domestik, sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi Rp15 ribu sekian,” ungkap Luhut.

Selain itu, pemerintah juga akan menyalurkan minyak goreng curah dengan HET di daerah yang tak terjangkau dengan program ini dengan baik, untuk kompensasi penambahan biaya angkut pemerintah akan memberikan kompensasi penambahan angka pengali ekspor.

- Advertisement -

“Melalui mekanisme ini pemerintah program minyak goreng curah bisa dijangkau di seluruh pelosok Tanah Air,” tandasnya. (AHM/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini