spot_img
Rabu, April 17, 2024
spot_img

Laba Anjlok Hingga 44,4 Persen, Saudi Aramco Pangkas Belanja Modal 2021

KNews.id- Raksasa minyak negara Arab Saudi Aramco melaporkan penurunan tajam dalam laba bersih hingga 44,4 persen untuk tahun 2020. Kondisi tersebut menyebabkan Aramco memangkas belanja modalnya pada 2021.

Dikutip dari Reuters, Pandemi COVID-19 sangat merugikan perusahaan dan rekan-rekan globalnya pada tahun 2020. Namun harga minyak telah menguat tahun ini karena ekonomi pulih dari penurunan tahun lalu dan setelah produsen minyak memperpanjang pengurangan produksi.

- Advertisement -

“Kami senang bahwa ada tanda-tanda pemulihan. China juga sangat dekat dengan tingkat pra-pandemi. Jadi di Asia, khususnya Asia Timur, ada peningkatan permintaan yang kuat,”kata kata CEO Aramco Amin Nasser, Ahad (21/3).

Dia mengatakan permintaan di Eropa dan Amerika Serikat akan meningkat dengan lebih banyak penyebaran vaksin. Permintaan minyak dunia diperkirakan mencapai 99 juta barel per hari pada akhir tahun ini.

- Advertisement -

Aramco menurunkan pedoman belanja modal pada tahun 2021 menjadi sekitar $ 35 miliar dari kisaran $ 40 miliar – $ 45 miliar sebelumnya, menurut pengungkapan kepada bursa kerajaan Tadawul. Belanja modal pada tahun 2020 adalah $ 27 miliar.

Eksportir minyak terbesar dunia itu mengatakan laba bersih turun 44,4% menjadi 183,76 miliar riyal ($ 49 miliar) untuk tahun yang berakhir 31 Desember, dari 330,69 miliar riyal setahun sebelumnya. Rata-rata analis di Refinitiv’s Eikon, memperkirakan laba bersih tahun 2020 sebesar 186,1 miliar riyal. Aramco mengumumkan dividen sebesar $ 75 miliar untuk tahun 2020, tetapi Nasser mengatakan tidak ada niat untuk meningkatkan dividen tahun ini dari apa yang dijanjikan.

- Advertisement -

“Dividen ini sesuai dengan ekspektasi, yang paling dipedulikan oleh pemegang saham Aramco, tetapi belanja modal yang lebih rendah menyiratkan bahwa perusahaan tidak mengharapkan harga minyak yang tinggi bertahan untuk jangka panjang,” kata Hasnain Malik, kepala penelitian ekuitas di Tellimer.

Saham Aramco sedikit turun 0,6% setelah hasilnya. Sepanjang sebagian besar tahun lalu, saham Aramco bertahan dengan baik terhadap perusahaan minyak global di pasar negara berkembang dan negara berkembang, tetapi berkinerja buruk terhadap rekan-rekan perusahaan ketika harga minyak pulih. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini