spot_img
Jumat, Mei 10, 2024
spot_img

KUR BRI 2023 Dibuka Lagi? Ini 3 Jenis Kredit yang Dibolehkan Ajukan Pinjaman

KNews.id –  Belakangan ini kabar mengenai KUR BRI 2023 ditutup memang sempat membuat nasabah bertanya-tanya. Terkait hal tersebut memang ada informasi dari pihak Bank BRI yang menyatakan bahwa kuota KUR habis sehingga belum bisa mencairkan kembali.

Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengajukan pinjaman KUR BRI di wilayah masing-masing karena barangkali kuota masih tersedia.

- Advertisement -

Terlebih saat ini sudah memasuki awal bulan Juli 2023, biasanya KUR memang lebih banyak dicairkan di awal bulan. KUR itu sendiri merupakan kepanjangan dari Kredit Usaha Rakyat, dan Bank BRI merupakan salah satu bank penyalurnya.

Bank BRI selalu saja menjadi primadona para calon debitur untuk bisa mengajukan pinjaman KUR. Terlebih pemerintah juga telah menggelontorkan dana dengan kuota terbesarnya diberikan kepada Bank BRI. Bagi calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman KUR BRI, tentunya agar bisa dicairkan oleh pihak bank harus memenuhi persyaratan seperti dokumen yang dibutuhkan.

- Advertisement -

Kendati demikian meski semua persyaratan dokumen sudah terpenuhi, ada kalanya pinjaman KUR ditolak oleh pihak bank. Salah satunya masih ada tanggungan kredit. Benarkah jika masih memiliki tanggungan kredit di tempat lain akan ditolak pengajuan pinjaman KUR? Memang jika masih memiliki kredit atau pinjaman di tempat lain tidak bisa mengajukan pinjaman KUR.

Namun ada beberapa kredit yang diperbolehkan, sehingga ketika mengajukan pinjaman KUR BRI masih bisa diproses dan dicairkan. Lantas kredit apa saja yang tidak diperbolehkan ketika ajukan pinjaman KUR? Calon penerima KUR belum pernah menerima kredit investasi atau modal kerja komersial. Salah satu kredit komersial adalah Kupedes, PNM, dan kredit regular lainnya yang jenisnya modal kerja dan investasi.

- Advertisement -

Sedangkan jenis kredit yang diperbolehkan ketika pengajuan KUR antara lain sebagai berikut.

1. Jenis kredit yang sifatnya konsumsi

Digunakan untuk keperluan rumah tangga yang sifatnya konsumsi. Jenis kredit ini misalnya Home Credit, kredit motor, dan sebagainya.

2. Kredit ultra mikro

Yaitu jenis kredit yang jumlahnya sangat kecil atau tidak besar hanya sebesar ratusan ribu atau di bawah Rp1 juta.

3. Sistem online

Pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan bersama berbasis teknologi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital. Contohnya pinjaman online atau paylater. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti jika ingin mengajukan KUR maka pinjaman online atau paylater wajib dilunasi terlebih dahulu agar bisa mengajukan KUR.

Demikian beberapa jenis kredit yang diperbolehkan ketika mengajukan pinjaman KUR BRI/. (Zs/AJ)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini