spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Kuartal III-2021, PDB Indonesia ‘Diramal’ dapat Tumbuh antara Empat dan Lima Persen

KNews.id- Ekonom senior Mirza Adityaswara menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2021 yang mencapai 7,05% merupakan bukti pemulihan ekonomi tanah air. Kendati demikian, ada tantangan di kuartal III ini.

“Sebenarnya kalau angka Q2-2021 itu kalau kita ikuti angka-angka … artinya memang Q2 itu terjadi recovery ekonomi yang cukup baik di Indonesia,” kata Mirza dalam wawancara dalam program Power Lunch CNBC Indonesia.

- Advertisement -

“Memang kalau lihat quarter to quarter (q to q), masa normal tuh biasanya angkanya sekitar 4%, 4,1%, 4,2%. Nah, kita di Q2 ini q to q 3,3%. Memang sedikit lebih rendah dibandingkan masa normal, tidak pandemi, tapi untuk suatu ukuran [di masa pandemi], kita memiliki q to q 3,3% positif itu menurut saya sih suatu recovery yang cukup baik,” lanjutnya.

Namun, Mirza mengatakan, PPKM Darurat, yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021, dan PPKM Level 4, yang diberlakukan sejak akhir Juli, akan memperlambat ekonomi di Q3-2021. Kendati demikian, Mirza menilai prediksi pertumbuhan ekonomi 4% hingga 5% sebagai suatu ekspektasi yang wajar lantaran pertumbuhan negatif yang tercatat pada Q3-2020.

- Advertisement -

“Nah di Q3 tahun lalu itu kita -3,5%. Sudah ada recovery dibandingkan -5,3% di Q2 tahun lalu. Jadi kita kalau dibayangkan bahwa kita akan positif antara 4 sampai 5 [persen] lebih, itu suatu menurut saya sih suatu ekspektasi yang wajar,” katanya.

“Jadi apakah 4%, apakah 5% ya tergantung berapa lama kita melakukan PPKM [Level 4] ini, dan berapa lama kita lakukan PPKM kan tergantung keberhasilan kita mengendalikan penurunan Covid-19 ini,” lanjutnya. (Ade/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini