spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Kuartal I Tahun 2022, Nilai Transaksi BTN Mobile Naik 75%

KNews – Kuartal I tahun 2022, nilai transaksi BTN mobile naik 75%. Nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk juga semakin mengandalkan layanan BTN Mobile dalam melakukan transaksi keuangannya.

Direktur IT and Digital Bank BTN Andi Nirwoto menyatakan jumlah transaksi BTN Mobile naik 32% yoy menjadi 14,9 juta kali di Maret 2022.

- Advertisement -

Sedangkan, jika melihat nilai transaksi, maka terjadi kenaikan hingga 75% menjadi Rp 2,8 triliun di Maret 2022. Andi bilang, mayoritas nasabah menggunakan Mobile Banking untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Transaksi yang paling banyak dilakukan oleh nasabah didominasi oleh transaksi utilities seperti pembelian pulsa provider telekomunikasi, PLN serta pembelian eWallet,” tuturnya kepada Kontan.co.id pada pekan lalu.

- Advertisement -

Ia menyebut, pada momentum ramadan, terjadi kenaikan jumlah transaksi naik minimal sekitar 10% hingga 15% dibandingkan bulan-bulan sebelum puasa.

Lantaran perilaku masyarakat Indonesia khususnya yang menjalankan ibadah puasa dan lebaran cenderung meningkat pada saat momen tersebut.

- Advertisement -

“Untuk menangkap momentum tersebut, kami memberikan program promosi terkait moment tersebut kepada seluruh nasabah serta bekerja sama dengan mitra Bank terkait. Guna meningkatkan animo masyarakat dalam menggunakan channel Mobile Banking BTN, misalnya cashback untuk pembayaran tertentu,” tambahnya.

Ia melihat masih ada potensi yang cukup besar khususnya pada channel Mobile Banking di sepanjang 2022. Aktivitas berbasi digital masih menjadi primadona bagi seluruh nasabah BTN terutama di era pandemi sekarang.

“Oleh karena itu, kami proyeksikan transaksi Mobile Banking pada tahun 2022 diharapkan dapat tumbuh sekitar 20%. Berbagai upaya yang kami lakukan diantaranya adalah terus berinovasi mengembangkan fitur/layanan yang ada di Mobile Banking serta senantiasa melakukan ekspansi layanan melalui kerja sama dengan mitra kerja yang potensial,” tukasnya.

Ia mencontohkan kolaborasi dengan fintech dan institusi lainnya sehingga channel BTN Mobile dapat memberikan layanan yang multi fungsi serta memberikan added value terhadap experience nasabah.

Asal tahu saja, Bank Indonesia (BI) mencermati transaksi ekonomi dan keuangan digital menunjukkan perkembangan pesat seiring peningkatan akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital serta akselerasi digital banking.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan nilai transaksi digital banking pada triwulan I-2022 meningkat 34,90% year on year (yoy).

Untuk keseluruhan tahun 2022 diproyeksikan meningkat 26,72% yoy hingga mencapai Rp 51.729 triliun. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini