spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Kualitas SDM Kurang, Industri Keuangan Syariah tetap Optimistis di 2021

KNews.id-Industri Keuangan Syariah Indonesia diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalami pertumbuhan yang sangat mengesankan, namun hal tersebut tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni.

Dilansir dalam Program Market Review, Senin (04/01), Sri Mulyani mengatakan industri keuangan syariah tumbuh mengesankan selama tiga dasawarsa atau sejak berdirinya Bank Syariah pada 1992. Namun tantangan yang dihadapi dari segi sumber daya manusia cukup sangat kurang di industri ini mengingat kualitas sumber daya manusia erat kaitanya dengan daya saing yang dimiliki.

“Perkembangan Ekonomi Syariah Alhamdulillah sejauh ini menunjukkan kinerja yang baik dilihat dari sektor keuangan syariah. Yang lebih spesifik lagi perbankan syariah lebih baik dari bank konvensional. Kalo dilihat dari Institusi Ekonomi Syariah masih akan tetap mengalami pertumbuhan positif,” ujar Ekonom Syariah IPB, Irfat Syauqi Beik.

Setiap tahun terdapat 40,000 lulusan dari Pendidikan Ekonomi dan Keuangan Syariah jumlah tersebut tentu sangat besar akan tetapi kuantitas tersebut juga menimbulkan masalah penyebab adanya ketidaksamaan antara kebutuhan pasar dengan SDM yang dihasilkan.

“Indonesia lebih banyak menjadi konsumen dibanding menjadi produsen. Sehingga kita harus menyeimbangkan harus meningkatkan sisi supply. Namun tidak bisa berjalan dengan optimal jadi harus memperkuat sisi supply maupun SDM yang berkualitas dan mumpuni,” ujar Syauqi.

Sri Mulyani lantas menambahkan bahwa masih ada harapan menggenjot kualitas SDM untuk bisa bersaing di industri keuangan syariah yakni dalam mengkampanyekan, memberikan edukasi serta mensosialisasikan kepada masyarakat untuk perkembangan ekonomi syariah agar bisa menjadi instrumen dan solusi keluar dari resesi ekonomi. Perlu adanya kontribusi kampus terus melakukan advokasi agar kebijakan-kebijakan turunan dan lanjutan dapat direalisasikan dengan baik.

“Penguatan ekonomi dan syariah ini akan berdampak kepada penguatan ekonomi nasional. Dari sisi proyeksi insyaallah ekonomi syariah kita optimis 2021 akan tumbuh positif.” pungkasnya. (AHM)

Sumber: Idx Chanel

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini