spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Kronologi Wali Kota di Ukraina Berkhianat Dukung Putin!

KNews.id- Wali Kota Sviatohirsk, Volodymyr Bandura, menjadi sorotan karena dilaporkan berbalik mendukung Presiden Vladimir Putin ketika pasukan Rusia menguasai kota Ukraina yang ia pimpin.

Bandura mulai menjadi sorotan pada Senin (13/6), ketika Denis Pushilin selaku pemimpin kelompok separatis pro-Rusia di Donetsk, Republik Rakyat Donetsk (DPR), mengunggah fotonya bersama Bandura. Melalui unggahan di jejaring sosial Telegram itu, Pushilin mengklaim bahwa Bandura kini sudah bergabung dengan DPR.

- Advertisement -

“Kami sudah berhubungan dengannya [Bandura] sejak lama. Seperti banyak penduduk Sviatohirsk, ia menunggu pembebasan dan ia mendukung operasi khusus [Rusia],” tulis Pushilin, seperti dilansir CNN.

Pushilin mengunggah foto ini ketika pasukan Rusia sudah menguasai Sviatohirsk. Menurut Pushilin, Bandura tak pernah meninggalkan warganya ketika Rusia menggempur.

- Advertisement -

“Di masa sulit, Volodymyr tak meninggalkan tugasnya. Dia dihormati dan didukung penduduk, jadi saya menawarkan dia posisi sebagai kepala pemerintahan Kota Sviatohirsk,” tulis Pushilin.

Kota di timur Donetsk itu dianggap sebagai salah satu wilayah penting bagi Rusia. Sviatohirsk terletak di Sungai Siverskyi Donets yang merupakan salah satu jalur utama Rusia menuju Sloviansk di bagian selatan.

- Advertisement -

Sehari setelah Pushilin mengunggah pernyataan tersebut, kantor Jaksa Agung Ukraina mengumumkan bahwa mereka sedang menyelidiki Bandura atas dugaan pengkhianatan di bawah status darurat militer.

Menurut mereka, Bandura diselidiki karena “berpindah mendukung sisi musuh” dan menyebarkan melalui media “janji di mana ia mempromosikan gagasan-gagasan Rusia.” (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini