spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

KPU Jawab Tudingan Aturan Batas Usia Cagub-Cawagub untuk Orang Tertentu

KNews.id – Jakarta – KPU mengharmonisasi putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengatur batas usai cagub-cawagub 30 tahun saat dilantik. KPU enggan bicara dalam soal putusan tersebut.

“Saya catat ada dua isu yang ditanyakan ke saya pertama putusan MA yang jelas proses harmonisasi sedang berjalan terkait pencalonan masih akan dirapatkan pukul 14.00 WIB ini dan Pak Idham Holik akan memimpin,” kata Komisioner KPU, August Mellaz dalam diskusi di kantor Dewan Pers, Jakarta.

- Advertisement -

KPU menghormati putusan MA yang berdampak pada pencalonan cagub-cawagub di pilkada. Oleh sebab itu, KPU enggan bicara terlalu jauh soal tudingan putusan MA soal batas usai cagub-cawagub untuk pihak tertentu.

“Bagaimana sikap KPU, KPU secara prinsip ya berpegang teguh pada aturan kalau kemudian ada semacam tudingan putusan ini berprestensi untuk seseorang KPU tidak akan masuk ke wilayah sana,” ujarnya.

- Advertisement -

“Kami secara prinsip menghormati lembaga-lemabaga yang ada bentuk struktur negara Indonesia,” sambung August.

Harmonisasi putusan MA tersebut untuk mensikronkan aturan KPU dengan UU yang berlaku. Proses tersebut juga yang membuat KPU enggan bicara lebih jauh atas putusan MA.

- Advertisement -

“Memang fakta proses harmonisasi sedang berlangsung, tentu setiap aturan KPU akan disinkronkan disesuaikan dengan UU yang mengaturnya dengan UU lainnya dengan instansi lain baik vertikal maupun horizontal, itu lah posisinya jadi saya kira tidak bisa bicara lebih lanjut jadi memang sedang berjalan proses harmonisasinya,” imbuhnya.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini