spot_img
Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

KPK Geledah Rumah Eks Pejabat Kementan di Parepare Terkait TPPU SYL

KNews.id – Jakarta , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terhadap rumah salah satu terdakwa kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan), Muhammad Hatta. Penggeledahan dilakukan pada Minggu, 19 Mei 2024.

“Betul ada kegiatan penggeledahan yang dimaksud,” kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

- Advertisement -

Ali menyebut, rumah eks Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan Tahun 2023 yang digeledah ini berada di Parepare, Sulawesi Selatan. “Di sebuah rumah di Jalan Bumi Harapan, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare,” ungkapnya.

Belum diketahui, apa saja yang disita atau diamankan KPK dari hasil penggeledahan rumah Muhammad Hatta di Parepare tersebut.  Seperti diketahui, eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo atau SYL ditetapkan sebagai tersangka bersama dua orang lainnya yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono (KS) serta Direktur Alat Mesin Pertanian, Muhammad Hatta (MH) dalam kasus korupsi di lingkungan Kementan.

- Advertisement -

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menyebut pihaknya sudah memperoleh alat bukti untuk menetapkan status tersangka terhadap ketiganya.

“Sehingga diperoleh kecukupan alat bukti untuk dinaikkan ke tahap penyidikan dengan menetapkan tersangka sebagai berikut, SYL Menteri Pertanian periode 2019-2024, KS Sekjen Kementan, MH Direktur Alat dan Mesin Pertanian,” kata Johanis Tanak di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Oktober 2023.

- Advertisement -

SYL dan dua anak buahnya itu ditetapkan sebagai tersangka karena diduga bersama-bersama menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa berbuat sesuatu untuk proses lelang jabatan di lingkungan Kementan. Ketiganya diduga juga ikut dalam proyek pengadaan barang dan jasa disertai penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementan.

(Zs/Viv)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini