spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Korut Uji Coba Menembak Artileri ke Laut, Korsel Siaga!

KNews.id- Korea Selatan melaporkan bahwa Korea Utara melakukan uji coba penembakan artileri ke arah lau pada Ahad (12/6). Negeri Ginseng pun langsung bersiaga.

Staf Gabungan Korsel menyatakan bahwa mereka mendeteksi sejumlah benda yang diyakini merupakan artileri Korut melesat ke arah laut pada Ahad pagi.

- Advertisement -

Sebagaimana dilansir Associated Press, militer Korsel kemudian melaporkan bahwa Korut menembakkan sejumlah artileri pada pukul 08.07 dan 11.03 waktu setempat.

Menurut Staf Gabungan Korsel, militer negaranya langsung bersiaga dan berkoordinasi ketat dengan Amerika Serikat di tengah ancaman Korut yang kian besar.

- Advertisement -

Peluncuran artileri ini menambah panjang daftar uji coba senjata mutakhir Korut sepanjang tahun ini. Sejak awal tahun, Korut getol menguji coba senjatanya, termasuk rudal jarak jauh.

Para pejabat AS dan Korsel menyebut Korut hampir merampungkan persiapan mereka untuk uji coba nuklir perdana dalam lima tahun belakangan.

- Advertisement -

Sejumlah ahli memprediksi Korut kemungkinan memanfaatkan rangkaian uji coba itu untuk mengembangkan hulu ledak yang bisa dipasangkan di senjata nuklir.

Senjata nuklir itu nantinya dapat digunakan untuk menyerang target-target yang berada di Korsel. Namun, belum ada bukti spesifik terkait prediksi ini.

Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, sendiri mengakui bahwa saat ini, negaranya berfokus pada peningkatan kapabilitas militer. Menurutnya, situasi kawasan saat ini “sangat serius.” (AHM/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini