spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Koreksi KPI, tvOne Menyebut Tidak Pernah Minta Maaf ke Nirina Zubir

KNews – Koreksi KPI, tvOne menyebut tidak pernah minta maaf ke Nirina Zubir. tvOne mengoreksi pernyataan Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Mulyo Hadi Purnomo.

tvOne menyebut tak pernah menyampaikan permintaan maaf ke Nirina Zubir karena telah menghadirkan pria yang disebut pengacara tersangka kasus mafia tanah dalam program ‘Apa Kabar Indonesia’.

- Advertisement -

“Kami tidak pernah menyampaikan permintaan maaf kepada Saudari Nirina. Yang disampaikan manajer program AKI (Apa Kabar Indonesia) Malam adalah penjelasan terkait program,” ujar Executive Vice Chief Editor tvOne Lalu Mara Satriawangs.

Menurut Lalu Mara, apa yang telah dilakukan tvOne sudah sesuai aturan, baik Undang-Undang Pers Tahun 1999 tentang kode etik jurnalistik maupun peraturan komisi penyiaran.

- Advertisement -

“Mungkin Pak Mulyo tidak baca secara menyeluruh penjelasan Manajer Program AKI Malam Saudara Edu,” tegas Lalu Mara.

Lalu Mara kemudian merespons soal podcast yang diikuti Nirina Zubir terkait walkout pada acara ‘Apa Kabar Indonesia’. Divisi Legal tvOne turun tangan.

- Advertisement -

“Justru saya sudah meminta divisi legal untuk menelaah semua podcast yang diikuti Nirina karena bagi kami yang dilakukan Nirina masuk institutional character assassination. Mengingat podcast tak diatur dalam UU Pers, ya kami akan gunakan UU ITE. Bila ada yang disampaikannya masuk dalam unsur yang saya sebutkan tadi,” tegas Lalu.

KPI Sebut tvOne Sesuai Prosedur

KPI buka suara soal Nirina Zubir yang walkout dari siaran live di tvOne. KPI menilai apa yang dilakukan oleh tvOne sudah sesuai prosedur.

“Memperhatikan penjelasan dari pihak tvOne, sepertinya sudah sesuai dengan prosedur yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) pasal 27 dan 28, termasuk juga sudah menghadirkan narasumber dari pihak-pihak yang terkait,” kata Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo, saat dihubungi.

Mulyo mengatakan pihak tvOne juga sudah menyampaikan permintaan maaf berkaitan dengan persoalan tersebut. Karena itulah, dia menyarankan, jika masih ada hal yang dirasa kurang enak, sebaiknya diselesaikan dengan baik-baik.

“Jika ada hal-hal yang kemudian dirasa kurang menyamankan pihak-pihak terkait, hal tersebut diharapkan bisa diselesaikan dengan baik-baik. Saya juga sudah melihat permintaan maaf dari pihak tvOne,” ucapnya.

Nirina Zubir Merasa Dijebak

Nirina Zubir mengaku kecewa kepada tvOne karena merasa dijebak saat sesi wawancara kasus mafia tanah.

Nirina Zubir tidak terima tvOne menghadirkan narasumber yang mengaku sebagai pengacara tersangka mafia tanah, Riri Khasmita, yang menurutnya orang tersebut bukan pengacara Riri. Terlebih, pernyataan kuasa hukum tersebut telah menyudutkan mendiang ibunda Nirina Zubir, Cut Indria Martini.

“Saya kecewa sekali sama tvOne karena saya memberikan waktu saya untuk memberikan klarifikasi untuk bicara dengan BPN. Tidak diberi tahu bahwa ada lawyer yang baru datang, kemudian mengambil waktu saya dan menjelaskan asal-asalan.

Jadi terima kasih memberikan panggung kepada orang yang tidak layak ini. Saya tinggalkan ini,” ucap Nirina sambil pergi dari lokasi wawancara dan menanggalkan mikrofon.

Nirina Zubir kemudian menumpahkan kekecewaannya itu melalui Instastory. Pemeran di film ‘Paranoia’ itu kemudian menuntut pihak tvOne meminta maaf.

“Tapi apa yang terjadi, tvOne menjebak Nirina live bersama seseorang yang adalah mengaku kuasa hukum dari tersangka Riri Khasmita, yang kita ketahui bukan dia (pengacaranya).

Kalaupun itu lawyer baru, oh come on, banyaklah pasti lawyer-lawyer yang pada saat ini bermunculan, tapi masa dikasih sih panggung sama tvOne? I’m very disappointed dan saya dan lawyer saya juga meminta surat permohonan maaf dari tvOne, saya tunggu,” kata Nirina di Instastory. (RKZ/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini