spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Komisaris Baru Transjakarta Berlatar Muhammadiyah, Koordinator Aksi 112 Lanjutan 212

KNews.id-PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memiliki dua komisaris baru. Mereka adalah A. Fatoni dan Muh. Mashuri Masyhuda. Dari penelusuran Tempo, Mashuri adalah anggota organisasi Islam, Muhammadiyah. Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti membenarkan hal ini.

“Dia sangat aktif di Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC),” kata Mu’ti dalam pesan teksnya, Minggu malam, 4 September 2022.

- Advertisement -

MDMC adalah lembaga penanggulangan bencana milik Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dalam situs mdmc.or.id tertera nama Mashuri masuk dalam Personalia Pimpinan Periode 2015-2020. Dia tercatat sebagai anggota MDMC Divisi Jaringan dan Kerja Sama.

Pada 2018, Mashuri menjabat sebagai Ketua Bidang Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan SAR PP Pemuda Muhammadiyah. Mu’ti tak mengetahui jabatan termutakhir anggotanya itu di Muhammadiyah. “Saya tidak tau persis,” ucap dia.

- Advertisement -

Mashuri pun terlibat dalam Aksi 112 pada 11 Februari 2017. Aksi 112 adalah kelanjutan dari Aksi 212 yang menuntut mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dihukum atas kasus penodaan agama. Aksi 112 digelar Forum Umat Islam.

Dalam pemberitaan Tempo pada 9 Februari 2017, kala itu Mashuri berperan sebagai Koordinator Gerakan Nasional Komando Kawal Al-Maidah Eksponen Muhammadiyah.

- Advertisement -

Mashuri berpengalaman sebagai general manager

Informasi dalam Linkedin Mashuri memperlihatkan, dirinya berpengalaman sebagai General Manager PT Ruslam Cempaka Putih Jaya sejak Januari 2020 hingga saat ini. PT Ruslam menyediakan jasa kebersihan, keamanan, perparkiran, dan kesehatan (Klinik Ruslam).

Sebelumnya, pemerintah DKI selaku pemegang saham mayoritas dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pemegang saham minoritas PT Transjakarta mengubah susunan direksi dan komisaris pada Jumat, 2 September 2022.

Para pemegang saham memutuskan menambah dua komisaris baru di tubuh BUMD DKI itu. Dengan begitu, PT Transjakarta kini memiliki lima komisaris.

Dua direktur PT Transjakarta juga dicopot. Mereka adalah Direktur Keuangan dan Perencanaan Korporasi Welfizon Yuza serta Direktur Pelayanan dan Pengembangan sekaligus mantan anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Achmad Izzul Waro. Posisi Welfizon kini digantikan Saidu Solihin. Sementara kursi Izzul ditempati Lies Permana Lestari.(Ach/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini