spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Kominfo: Awal Agustus, XL Axiata Jajal Internet 5G di Depok

KNews.id- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan akan menggelar Uji Laik Operasi (ULO) 5G XL Axiata pada 2-4 Agustus 2021. Dengan sudah ditentukan waktu ULO 5G tersebut, itu artinya dalam waktu dekat XL Axiata akan menyusul Telkomsel dan Indosat Ooredoo yang sudah lebih dulu mengkomersialisasikan layanan jaringan seluler generasi kelima.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, XL Axiata akan menjajal internet 5G dengan menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz.

- Advertisement -

“Kementerian Kominfo telah menjadwalkan Uji Laik Operasi (ULO) untuk perangkat 5G pada frekuensi 1.800 MHz yang akan digunakan oleh XL Axiata, pada tanggal 2-4 Agustus 2021 di Kota Depok,” ujar Dedy kepada detikINET, Senin (26/7).

Hanya saja, ULO 5G yang dilakukan Kominfo dengan operator seluler yang identik warna biru ini tergantung dengan pemberlakuan PPKM Level 4. Aturan itu sebagai upaya pencegahan penularan kasus COVID-19.

- Advertisement -

“Namun, kepastian jadwal pelaksanaan tersebut bergantung pada aturan PPKM Level 4 yang saat ini sedang berlaku di kawasan Jabodetabek,” ucapnya.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

- Advertisement -

Setelah dilakukan ULO, yang mana pengujian teknologi seluler generasi kelima tersebut sukses dan berhasil. Tahapan selanjutnya, Kominfo penerbitan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat operator jualan layanan 5G ke publik.

Saat ini, XL Axiata mempunyai alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz dengan lebar pita 7,5 MHz, 1.800 MHz dengan lebar pita 22,5 MHz, dan 2.100 MHz dengan lebar pita 15 MHz.

Sebelumnya, Telkomsel menjadi pioner dengan menghadirkan layanan 5G pada 27 Mei 2021. Setelah itu, Indosat Ooredoo jadi operator seluler kedua yang meresmikan 5G pada 22 Juni 2021. (Ade/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini