spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Koalisi Besar akan Percuma Kalau Capresnya Prabowo: Dijamin tak Menang Pilpres

KNews.id-Muncul wacana melebur Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan koalisi PKB-Gerindra. Bila kedua koalisi itu dilebur maka akan terbentuk koalisi besar yang dihuni lima parpol sekaligus.

Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Andriadi Achmad menilai koalisi besar tak menjamin kemenangan di Pilpres 2024.

- Advertisement -

Ia mengatakan, koalisi besar partai politik harus diikuti dengan ketokohan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

“Menurut hemat saya, sebesar apapun koalisi yang dibentuk jika ketokohan capres-cawapres tidak mampu mengimbangi bisa saja kalah seperti Pilpres tahun 2014,” ujar Andriardi dikutip dari Republika.co.id, Senin (3/4/2023).

- Advertisement -

Saat itu kata Andriardi, Koalisi Merah Putih (KMP) yang mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa merupakan koalisi yang lebih besar dan mendominasi Koalisi Indonesia Kerja yang mengusung Jokowi-JK. Tetapi realitasnya, justru dimenangkan koalisi KIK (Jokowi-JK).

Karenanya, jika koalisi besar yang disebut-sebut merupakan gabungan ]KIB dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) ini mengusung Prabowo agak berat. Menurutnya, sosok Ketua Umum Partai Gerindra ini sudah kehilangan momentum.

- Advertisement -

Direktur Eksekutif Nusantara Institute PolCom SRC ini menjelaskan, untuk pemilih kalangan Islam sudah ada sosok Anies Baswedan dan untuk di kalangan nasionalis sudah ada Ganjar Pranowo atau Puan Maharani. Jika koalisi besar terbentuk maka potensi calon di pilpres ada tiga, dengan catatan PDIP maju mencalonkan diri dan satu lagi koalisi perubahan antara Nasdem, PKS, dan Demokrat.

“Jika tiga pasang capres yang maju Prabowo, Anies, dan Ganjar Pranowo . Maka yang akan melaju ke putaran kedua adalah Anies versus Ganjar,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjut Andriardi, jika yang di maju dari PDIP bukan Ganjar Pranowo atau Puan Maharani. Maka ada dua kemungkinan, yaitu pertama satu putaran dimenangkan Anies atau kemungkinan kedua yaitu Anies versus Prabowo.

“Jika sudah berhadapan, kita sudah tahu pemenangnya yaitu Anies Baswedan,” ujarnya.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini