spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Klarifikasi BRI Terkait Rp400 Juta Uang Nasabah di Makassar!

KNews.id- Ini Penjelasan Lengkap BRI soal Uang Nasabah Hilang- PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk (BBRI) memberikan klarifikasi atas kasus kehilangan uang senilai Rp400 juta yang dialami oleh Sigit, warga Makassar. Kejadian itu sudah berlangsung sejak tahun 2018 dimulai dari kedatangan Sigit ke kantor cabang BRI di Toddopuli. Dari penelusuran BRI, Sigit diketahui mendatangi Kantor BRI Unit Toddopuli pada tanggal 29 Agustus 2018. Di lokasi itu, korban melakukan penyetoran dana melalui teller setempat.

“Pada pukul 14:04:40, yang bersangkutan menyetorkan uang senilai Rp400 juta, dan pukul 14:05:29 yang bersangkutan melakukan penarikan uang dengan jumlah yang sama. Penarikan dilakukan karena yang bersangkutan melakukan PEMBATALAN transaksi penyetoran tersebut di BRI,” jelas Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto, dalam siaran pers yang diterima tim IDXChannel, Rabu (17/3).

- Advertisement -

Dari temuan BRI, bukti transaksi yang diterima bank sudah lengkap dengan tanda tangan Sigit sebagai korban. Dengan demikian, penarikan yang dilakukan selama 45 detik kemudian dianggap sah dan valid oleh bank.

“Apabila setelahnya yang bersangkutan secara pribadi menitipkan uang tersebut kepada saudara Ilman karena faktor kedekatan dan dengan harapan akan mendapatkan keuntungan, maka hal tersebut di luar kewenangan dan tanggung jawab BRI,” tegas Aestika.

- Advertisement -

Menghadapi kejadian tersebut, BRI mengimbau masyarakat untuk menyimpan atau menginvestasikan dananya di lembaga/institusi resmi yang terdaftar dan diawasi OJK. Bukan melalui orang yang dipercaya untuk menyimpan uang miliknya.

Sebelumnya, Sigit, warga Makassar, Sulawesi Selatan mengaku heran karena uang miliknya yang ia tabung di bank sebesar Rp400 juta hilang dalam waktu 49 detik. Sudah 3 tahun lamanya ia menunggu, uang tersebut tidak juga kembali.

- Advertisement -

Sigit mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada 2018 lalu, ketika dirinya mendapat tawaran program menambung langsung dapat hadiah oleh seorang pegawai dari pihak Bank BRI. Dirinya diminta untuk menabung sejumlah uang dan langsung mendapatkan hadiah.

“Kejadiannya itu bermula di tahun 2018. Kemudian saat saya mau mencairkan dana dan mau cairkan Rp400 juta. Ternyata semuanya sudah hilang. Sudah tak ada, saya minta uang itu, sudah tak ada,” ungkap Sigit keoada MNC Portal, Rabu (17/3).

Mengetahui uangnya raib di rekening bank, Sigit berinisitif mencetak rekening koran untuk melihat bukti transaksi rekeningnya. Dan ternyata, uang yang dia tabung Rp400 juta tersebut sudah berpindah tangan dalam waktu 49 detik.

“Uang saya masuk pada tanggal yang sama di detik 49 di tanggal yang sama, uang itu berpindah keluar tanpa sepengetahuan saya. Karena tidak masuk akal sekali. Kita baru nyetor, 49 detik langsung hilang tanpa pemberitahuan saya. Slipnya pun tak ada,” tuturnya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini