spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Klaim Asuransi Kesehatan Allianz Life Hanya Dibayar Sebagian, dengan Alasan “Not Medically Necessary”

KNews.id- Dear rekan-rekan,

Pada sekitar bulan Maret 2023, saya lihat-lihat website Allianz Life. Saya tertarik untuk membeli asuransi kesehatan Allianz Eazy Health, karena ada asuransi rawat jalannya. Nomor polis saya: 023020000004153.

- Advertisement -

Pada tanggal 29 April 2023, saya ada keluhan pegal-pegal di leher sebelah belakang kepala, dan memeriksakan diri ke dokter di Klinik di Apotek Kimia Farma, Jl. Ciremai, Kota Cirebon. Dokter umum di Klinik ini menyarankan saya untuk cek kolesterol dan juga asam urat. Ternyata ketika dicek, kolesterol saya 250 dan asam urat 9.3 (hasil pemeriksaan terlampir).

Saya diresepkan obat Lipitor dan juga Allopurinol, dan juga Gemfibrozil untuk menurunkan kolesterol, menurunkan asam urat, dan mencegah Trigliserida juga. Klaim saya adalah:

- Advertisement -

1. Dokter umum: Rp60.000.
2. Pemeriksaan diagnostik: Rp50.000 (sudah termasuk kolesterol, asam urat, dan gula darah).
3. Obat-obatan: Rp435.070.
Total: Rp545.070.

Saya mengajukan klaim lewat portal Eazy Connect. Setelah menunggu sekitar 19 hari, Allianz hanya membayar Rp67.200, dengan perincian:

- Advertisement -

1. Biaya dokter diganti Rp60.000.
2. Biaya obat-obatan diganti Rp7.200.

Alasan yang dicetak di dalam Surat dari Allianz : NOT MEDICALLY NECESSARY.

Yang jadi pertanyaan saya: Apakah kolesterol saya setinggi 250, dan asam urat setinggi 9.3 itu TIDAK CUKUP NECESSARY/perlu secara medis untuk diberi pengobatan kolesterol dan asam urat? Saya sangat kecewa dan merasa ditipu oleh Allianz Life, karena klaim saya hanya dibayar Rp67.200 dari total klaim yang hanya Rp 500ribu-an saja. Apalagi karena saya sudah bayar premi untuk setahun penuh, karena sangat tertarik dengan tayangan di website Allianz.

Saran saya kepada rekan-rekan semua:

  • Hati-hati kepada Asuransi Allianz Life, karena akhir-akhir ini sudah banyak kasus kesulitan bayar dari Allianz Life, di berbagai media.
  • Banyak kasus yang diviralkan dulu, baru dibayar (capek harus ribut-ribut dulu).
  • Kasus saya cuma klaim Rp500ribu saja sudah susah bayar, apalagi kalau klaim jumlah besar.
  • Klaim Allianz sangat lambat (sampai hampir 20 hari hanya untuk klaim sebesar Rp500 ribu saja).
  • Asuransi Allianz tidak mengikuti prinsip asuransi di Indonesia yaitu “utmost good faith“. Terbukti dengan bayar klaim seenaknya, dari total Rp545ribu, hanya dibayar Rp67 ribu. (Allianz tidak memiliki itikad baik dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia).

Saya sudah merasa yakin, bahwa saya tidak akan pernah beli polis dari perusahaan asuransi Allianz Life lagi ke depannya. Jangan sampai Anda memiliki pengalaman seperti saya, dalam memilih perusahaan asuransi.

Hormat saya,

Rudy Hendra
Cirebon, Jawa Barat

(RZ/MK)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini