spot_img
Kamis, Mei 16, 2024
spot_img

Kisi-Kisi Kapan Emas Antam Bisa ke Rp 2Juta!

KNews.id – Harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk pada Selasa (18/7/2023) di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung tidak bergerak dan tetap di Rp1.080.000 per gram. Sementara harga buyback (harga yang digunakan ketika menjual emas kembali) pun ikut melemah menjadi Rp958.000 per gram.

“Harga jual kembali adalah sama untuk semua pecahan dan tahun produksi. Untuk transaksi buyback silakan menghubungi Butik Emas LM terdekat dengan jam layanan pada hari kerja Senin-Jumat. Pembayaran dilakukan secara transfer pada H+2 s/d H+3 (hari kerja). Jika kemasan rusak atau hilang dikenakan potongan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelas keterangan di situs Antam.

- Advertisement -

Analis TD Securities mengatakan pelemahan emas karena harga yang sudah terbang tinggi. Pelaku pasar memilih menunggu sembari memastikan data-data ekonomi AS memang mendukung bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) untuk melunak. Pasar masih memproyeksi kenaikan suku bunga 25 bps pada bulan ini tetapi kenaikan tersebut diperkirakan akan menjadi yang terakhir

“Dengan kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga minggu depan dan ada ketidakpastian data ekonomi setelahnya maka speculator enggan untuk membeli emas secara membabi buta. Emas pun tertahan memasuki bullish market,” tutur TD Securities, dikutip dari Reuters. Sementara itu, Analis dari OANDA Edward Moya menjelaskan emas bisa melonjak ke kisaran US$2.000. Namun, level tersebut baru bisa dicapai jika The Fed memang sudah memastikan tidak akan menaikkan suku bunga.

- Advertisement -

Syarat lainnya adalah pulihnya ekonomi China. Tiongkok tengah menjadi sorotan karena ekonominya yang melambat. Padahal, China adalah konsumen terbesar emas sehingga akan sangat menentukan harga.”Permintaan emas dari konsumen dan industri China diproyeksi akan sulit naik dalam jangka pendek sampaiekonomi China benar-benar pulih,” tutur Moya, kepada Reuters

Jika skenario tersebut berjalan, harga emas Antam bisa terpengaruh positif sehingga harganya bisa ikut menguat. (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini