spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Kinerja Berbasis ESG, BRI Meraih Berbagai Penghargaan di Tahun 2020

KNews.id- Implementasi keuangan berkelanjutan berbasiskan nilai-nilai lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environment, Social, and Governance/ESG) terus dilakukan BRI dalam menjalankan roda bisnisnya. Konsistensi BRI menerapkan nilai-nilai ESG mendapat buah positif dengan diraihnya sejumlah penghargaan oleh perusahaan sepanjang tahun lalu.

BRI berperan aktif dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan dengan mengintegrasikan aspek ESG ke dalam aspek ekonomi yang terus meningkat seiring dengan perkembangan waktu. Hal ini sesuai dengan komitmen BRI dalam mengimplementasikan strategi keberlanjutan yang sejalan dengan implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 51/POJK.03/2017 tentang Implementasi Keuangan Berkelanjutan pada Lembaga Jasa Keuangan, Emiten dan Perusahaan Publik.

- Advertisement -

“Di masa mendatang kondisi perekonomian diprediksi akan semakin dinamis, untuk itu BRI memperkuat landasan kinerja perusahaan dengan melaksanakan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan. Sebagai salah satu ‘First Mover on Sustainable Finance’, BRI telah mengimplementasikan secara bertahap strategi keberlanjutan yang diharapkan dapat berdampak positif dalam mendorong percepatan implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia dan BRI akan fokus mewujudkan solusi keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat.” ujar Direktur Utama BRI Sunarso melalui keterangan resminya di Jakarta, Sabtu 3 April 2021.

Di tengah situasi pandemi dan sebagai upaya mendukung pemangku kepentingan mewujudkan keberlanjutan, BRI melaksanakan aktivitas bank dengan berfokus pada pemulihan UMKM sebagai salah satu sektor yang paling terdampak. BRI berupaya mempercepat pemulihan ekonomi dengan menyalurkan kredit dan restrukturisasi kredit yang menyasar segmen UMKM.

- Advertisement -

Sejalan dengan visi dan misi perusahan terhadap dukungan kepada keuangan berkelanjutan, BRI menjalankan kegiatan operasional berprinsip ESG, serta mengimplementasikan program-program Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan. BRI berkomitmen untuk berjuang bersama UMKM dengan inovasi pada ekosistem pasar serta ekosistem digital.

Mengutip Sustainability Report BRI 2020, terhitung terdapat 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih BRI sepanjang 2020 karena dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG. Belasan penghargaan ini juga diterima BRI karena perusahaan mampu menjalani perannya sebagai lembaga keuangan untuk membentuk ekosistem keuangan berkelanjutan bagi masyarakat.

- Advertisement -

Beberapa apresiasi yang diterima BRI sepanjang tahun lalu terkait penerapan nilai-nilai ESG adalah penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hongkong. Ada pula penghargaan Indonesia Digital Innovation Brand 2020 dari Warta Ekonomi, serta Innovative Company For Embracing Stratup Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.

BRI juga masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Tak hanya itu, perusahaan mendapat penghargaan sebagai BUMN Dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, dan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Pada penghujung tahun lalu, BRI kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini