spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Kim Jong Un Tembak Lagi Rudal Korut, Ikut Perang Rusia III?

KNews.id- Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba senjata. Media lokal Rodong Sinmun menulis, Korut telah menembakkan Hwasong-17, rudal jarak jauh jauh terbaru, sebagaimana dimuat Jumat (25/3). Bahkan,  Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un menghadiri langsung memandu. “Paling canggih hingga saat ini,” tulis media itu merujuk Hwasong-17 itu.

Uji coba dilakukan Kamis, persis saat NATO mengadakan pertemuan di markas besar di Brussels, Belgia. Korut meluncurkan apa yang dikatakannya sebagai jenis baru rudal balistik antarbenua (ICBM), uji jarak jauh pertamanya dalam lebih dari empat tahun.

- Advertisement -

Menurut analis, Kim Jong Un tengah berusaha untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Pyongyang tetap menjadi pemain dalam perebutan kekuasaan dan pengaruh.

“Korut menolak untuk diabaikan dan mungkin mencoba mengambil keuntungan dari keasyikan global dengan perang di Ukraina untuk memaksa fait accompli pada statusnya sebagai negara senjata nuklir,” kata profesor studi internasional di Ewha Womans Universitas di Seoul, Leif-Eric Easley, mengatakan kepada CNN International.

- Advertisement -

“Korut sama sekali tidak memulai agresi pada skala invasi Rusia ke Ukraina. Tapi ambisi Pyongyang juga melebihi pertahanan diri karena ingin membatalkan tatanan keamanan pascaperang di Asia.” (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini