spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Kim Jong Un Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia!

KNews.id- Kabar mengejutkan datang dari Korea Utara (Korut). Negara pimpinan Kim Jong Un itu memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia. Pyongyang mengumumkan hal tersebut Jumat (19/3/2021). In setelah Negeri Jiran mengekstradisi seorang warga Korut ke Amerika Serikat (AS).

“Pada 17 Maret, pihak berwenang Malaysia melakukan kejahatan yang tidak dapat diampuni … dengan secara paksa mengirimkan warga negara yang tidak bersalah (Korut) ke AS,” bunyi pernyataan itu, dikutip AFP dari media Korut, KCNA.

- Advertisement -

“Kementerian luar negeri Korut dengan ini mengumumkan pemutusan total hubungan diplomatik dengan Malaysia.”

Malaysia disebut telah melakukan tindakan bermusuhan terhadap Pyongyang. Tetangga RI itu juga diklaim terlalu tunduk pada tekanan AS.

- Advertisement -

Belum ada komentar lebih lanjut dari Malaysia.

Warga Korut yang diekstradisi disebutkan bernama Mun Chol Myong. Ia kalah di pengadilan tinggi Malaysia 3 Maret lalu, setelah banding soal ekstradisi ke AS.

- Advertisement -

Laporan FBI menyebut Mun menghadapi tudingan pencucian uang. Ia, yang sudah tinggal bertahun-tahun di Asia Tenggara, diminta diekstradisi ke Washington setelah ditangkap 2019 lalu.

Ia disebut memimpin kelompok kriminal yang melanggar sanksi PBB dan AS. Kelompok itu memasok barang terlarang ke Korut dan mencuci dana melalui perusahaan.
Laporan itu menyebut ini terkait pekerjaan Mun di Singapura.

Meski tak merujuk spesifik kasus Mun, ada banyak pengiriman barang mewah dari Sngapura ke Korut, mulai dari minuman keras hingga jam tangan. (Ikh/LJ)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini