spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Kilas Balik Pengangkatan Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang Didesak Mundur oleh ICW

KNews.id-Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari segera mengundurkan diri. Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menerangkan bahwa pekan ini Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu baru saja menjatuhkan sanksi peringatan kepada Hasyim.

Adapun sanksi ini imbas dari pernyataan Hasyim ihwal sistem Pemilu proporsional tertutup. Selain itu, Kurnia mengingatkan bahwa bukan kali ini saja Hasyim menimbulkan kegaduhan.

- Advertisement -

“Sebelumnya Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih juga menemukan keganjilan selama ia (Hasyim) menjabat, satu di antaranya dugaan kecurangan Pemilu dalam proses verifikasi parpol,” kata Kurnia dalam keterangannya, Sabtu, 1 April 2023.

Hasyim disebut melakukan kecurangan dalam verifikasi calon peserta Pemilu 2024. Saat itu, Kurnia melanjutkan, koalisi menemukan indikasi keras keterlibatan Hasyim dalam memerintahkan anggota KPU daerah untuk berbuat curang.

- Advertisement -

Caranya dengan meloloskan partai politik yang tidak memenuhi syarat alias TMS. Oleh sebab itu, Kurnia mengatakan ICW mendesak Hasyim agar segera hengkang atau mengundurkan diri dari jabatannya.

“Ini penting untuk menjamin penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak lagi diwarnai dengan kontroversi dan kecurangan yang akan meruntuhkan asas-asas Pemilu itu sendiri,” kata Kurnia.

- Advertisement -

Tempo telah berupaya meminta tanggapan Hasyim ihwal desakan mengundurkan diri tersebut. Namun, hingga berita ini ditulis, Hasyim tidak bersahut. Berikut kilas balik pengangkatan Hasyim menjadi Ketua KPU.

Kilas Balik Pengangkatan Hasyim Asy’ari Jadi Ketua KPU
Hasyim Asy’ari resmi terpilih jadi Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU periode 2022-2027 dalam rapat pleno setelah pelantikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hasyim tak lain adalah petahana yang juga menjadi anggota KPU periode 2017-2022.

Dalam acara serah terima jabatan, Hasyim sudah dipanggil dengan jabatan baru sebagai Ketua KPU. Para peserta pun memberikan tepuk tangan saat Hasyim ingin menyampaikan pidato pertama sebagai Ketua KPU.

“Kita harus bekerja sama, berkolaborasi,” kata Hasyim dalam acara serah terima jabatan anggota KPU di Kantor KPU, Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Kerja sama, kata dia, tidak hanya antar internal KPU. Akan tetapi, KPU tentu juga harus bekerja sama dengan para peserta pemilu, dari partai politik, hingga presiden.

Sebelumnya, Jokowi juga melantik tujuh anggota KPU dan lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari yang sama. Daftar anggota KPU baru selain Hasyim yaitu Betty Epsilon Idroos, Mochamad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melasz

Usai pelantikan, salah satu permintaan Jokowi ke KPU adalah mempersiapkan pendidikan politik menjelang Pemilu 2024. Jokowi berharap masyarakat bisa menyambut pemilu dengan gembira sebagai pesta demokrasi rakyat.

“Jangan lagi membuat masyarakat terprovokasi oleh isu-isu politik identitas,” kata kepala negara.

Eks Wali Kota Solo ini juga berharap anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja dilantik dapat segera tancap gas bekerja. Kedua instansi juga diminta segera berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah untuk Pemilu 2024.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini