spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

PD III Mendekat, Ribuan Tentara NATO Mulai Mendekati Wilayah Perbatasan Rusia!

KNews.id- Ribuan tentara dari 14 negara, termasuk AS, Swedia, Finlandia, dan Ukraina, telah berada di dekat perbatasan Rusia. Sekitar 15.000 personil tentara ini ambil bagian dalam latihan besar-besaran di Estonia, dimulai pada hari Senin (16/5).

Latihan yang di juluki Hedgehog 2022 ini mencakup mencakup semua cabang angkatan bersenjata dan akan melibatkan latihan udara, laut dan darat, serta pelatihan perang dunia maya,.

- Advertisement -

Dilansir dari media Finlandia, bahwa latihan dimulai hanya sehari setelah Finlandia dan Swedia secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk bergabung dengan NATO, dan direncanakan jauh sebelum konflik di Ukraina pecah, kata pejabat Barat.

Namun Wakil komandan Pasukan Pertahanan Estonia, Mayor Jenderal Veiko-Vello Palm, telah membantah bahwa latihan yang hanya 60 km dari perbatasan Rusia ada hubungannya dengan aksi militer Moskow yang sedang berlangsung di Ukraina.

- Advertisement -

Latihan seperti ini menunjukkan bahwa NATO berdiri kuat dan siap untuk melindungi negara kita dan bertahan dari ancaman apa pun,” kata juru bicara blok militer, Oana Lungescu, seraya menambahkan bahwa latihan tersebut “membantu menghilangkan ruang untuk salah perhitungan atau kesalahpahaman tentang tekad kita untuk melindungi dan mempertahankan setiap inci wilayah sekutu.”

Latihan militer besar-besaran ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia, NATO dan beberapa mitra blok militer.mFinlandia, yang memiliki perbatasan panjang dengan Rusia, dan Swedia memutuskan untuk mempertimbangkan kembali kebijakan non-blok mereka yang sudah berlangsung lama menyusul perubahan besar dalam opini publik setelah peluncuran serangan Rusia ke Ukraina.

- Advertisement -

Perkembangan itu memicu gelombang kritik dari Moskow, yang memperingatkan bahwa mereka harus merespons jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO. Moskow juga menyatakan bahwa pihaknya menganggap ekspansi NATO sebagai ancaman langsung terhadap keamanan Rusia itu sendiri. (AHM/intpnews24)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini