spot_img
Selasa, Mei 14, 2024
spot_img

Kiamat ATM Makin Dekat, Tarik Tunai Cukup Pakai QRIS

KNews.id – Bank Indonesia meluncurkan fitur QRIS baru yang bisa membuat “kiamat ATM” makin dekat. Cukup pakai QRIS tanpa ATM, warga RI kini bisa menarik uang tunai di seluruh Indonesia.

Fitur baru ini diungkapkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta dalam konferensi pers tentang hasil rapat dewan gubernur BI, Juni 2023.

- Advertisement -

Ia menjelaskan bahwa fitur terbaru yang diberi nama QRIS Tuntas ini bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer dana, dan setor tunai. “TTS itu tarik tunai, transfer dan setor tunai nanti namanya kami ganti QRIS Tuntas,” katanya, Kamis (22/6).

Fitur QRIS transfer bisa digunakan untuk memindahkan dana antar-pengguna QRIS cukup dengan memindai kode QR, baik dari rekening bank maupun saldo di akun non-bank seperti dompet digital. Setelah memindai kode QR yang diperlihatkan oleh penerima dana, pengguna QRIS memilih sumber dana, memasukkan jumlah, dan memasukkan PIN.

- Advertisement -

Adapun fitur QRIS tarik tunai dan setor tunai bisa digunakan untuk menarik dan menyetor uang di ATM dengan memindai kode QRIS. Di lokasi yang tidak tersedia ATM, pengguna QRIS bisa menyetor dan menarik uang tunai melalui merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra.

Filianingsih menyatakan sistem baru ini memberikan tiga manfaat untuk memperkuat sistem pembayaran digital Indonesia. Pertama, optimalisasi sumber dana agar bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dan bukan hanya simpanan.

- Advertisement -

Kedua, peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas institusi keuangan antarbank, bank dengan nonbak, serta nonbank dengan nonbank. Ketiga, fitur QRIS Tuntas membantu memperluas inklusi keuangan karena tarik dan setor tunai nantinya bisa dilakukan di wilayah yang belum tersedia mesin ATM seperti di wilayah 3T yaitu terdepan, terluar, dan terpencil.

“Jadi bisa memanfaatkan merchant QRIS, tidak ada ATM tidak apa-apa,” kata Filianingsih.

(Zs/CNBC)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini