spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Khalid Basalamah: Terdapat Tiga Golongan yang tidak Diajak Bicara oleh Allah SWT ketika Kiamat: Pedagang sampai Lansia!

KNews.id- Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah mengungkapkan setidaknya ada tiga golongan yang dicuekin alias diabaikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala saat kiamat.

Ustaz Khalid Basalamah mengatakan, menurut hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, ketiga golongan tersebut tidak akan diajak bicara oleh Allah ketika hari akhri tiba. Bahkan mereka tidak pula disucikan dari dosa yang diperbuat pada hari kiamat nanti.

- Advertisement -

“Allah tidak akan menyucikan mereka di timbangan amal. Allah juga siapkan dia azab yang pedih,” kata Ustadz Khalid Basalamah, dikutip Hops.id dalam unggahan di akun jejaring media sosial Instagram miliknya @khalidbasalamahofficial, pada Selasa, 13 Oktober 2021.

Berikut ketiga kelompok tersebut berdasarkan penjelasan Ustaz Khalid Basalamah:

- Advertisement -

· Lansia yang Suka Melakukan Zina

Adapun yang pertama, kata dia, ialah orang lanjut usia (lansia) yang berzina.

- Advertisement -

“Mungkin jika anak muda berzina masih ada sebabnya, walaupun itu dosa. Tapi jika sudah orangtua, kakek-kakek, nenek-nenek, itu menjadi tanda tanya, kenapa dia berzina? Tidak ada uzurnya. Tidak ada hajat untuk itu,” kata Ustadz Khalid.

Para lansia sebenarnya sudah diberi peringatan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan membuat rambutnya beruban, kulit keriput, perubahan dari cantik dan gagah menjadi jelek, itu adalah perubahan yang umum. Belum lagi tenaganya yang kian berkurang, badan membungkuk yang mana seharusnya menjauhi larangan Allah Ta’ala.

“Maka itu, siksaannya akan lebih berat, karena murkanya Allah,” jelas dai kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, ini.

·  Orang Miskin yang Sombong

Kemudian golongan kedua adalah orang miskin yang sombong. Sebab ketika orang dalam keadaan miskin, maka tidak ada yang perlu disombongkan.

“Kalau orang kaya sombong, enggak boleh, dosa. Bahkan Nabi Shallallahu alaihi wassallam berkata ‘Siapa di dalam hatinya ada sebesar biji sawi dari kesombongan maka tidak akan mencium bau surga’,” terang Ustadz Khalid.

“Justru jika ada orang yang fakir atau miskin seharusnya bisa lebih merendah, karena dengan tidak ada pemicunya dan menjadi sombong, maka siksaannya lebih berat,” tambah dia.

· Pedagang Bersumpah Demi Kebohonganya

Terakhir atau golongan ketiga, ialah orang berdagang dan bersumpah dusta atas nama Allah demi melariskan barang dagangannya.

“Jika memang orang suka dengan dagangannya maka akan dibeli, jika tidak ya sudah. Karena untuk apa seperti ini? Melibatkan Allah hanya untuk mencari uang. Maka ini hukumannya juga berat,” imbuhnya. (AHM/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini