spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Kesombongan LBP!

Oleh: Sutoyo Abadi, Koordator Kajian Politik Merah Putih

KNews.id- Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya yang disampaikan lewat sebuah video saat membuka Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ahad, 16 Juli 2022.

- Advertisement -

Megawari mengatakan bahwa “Kita sama-sama berharap Indonesia terhindar dari ancaman krisis pangan yang menghantui dunia, yang harus segera kita antisipasi dari saat ini, agar hal itu tidak terjadi,”.

Sebelumnya, dilansir dari Sindo News, Megawati Soekarnoputri khawatir Indonesia mengalami krisis seperti Sri Lanka. Oleh karenanya, Presiden ke-5 Indonesia ini berharap agar pemerintah bisa mengantisipasi krisis pangan serta resesi akibat inflasi dunia. Pada kesempatan lain Sri Mulyani juga meminta jangan anggap enteng ancaman resesi nasibnya bisa sama dengan Srilangka.

- Advertisement -

Dengan gaya pongah dan sombong seolah sebagai pahlawan Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut orang yang menyamakan Sri Lanka dengan Indonesia sebagai orang sakit jiwa, ungkap Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari Antara, Ahad, 17 Juli 2022.

Langsung atau tidak langsung komentar LBP langsung menabrak statemen Ibu Megawati dan Menkeu Sri Mulyani.  Kekhawatiran Indonesia bisa seperti Srilangka bukan hanya kekhawatiran Megawati dan Sri Mulyani tetapi juga kekhawatiran banyak pengamat ekonomi, bahwa :

- Advertisement -

-“Lanskap energi global telah berubah secara radikal. Harga komoditas energi meroket,  berdampak terhadap kenaikan inflasi. Perkembangan  ekonomi tidak statis, bisa berubah cepat. Kalau harga komoditas anjlok, dan BI naikkan suku bunga, ikut the FED ( “bank sentral yang memiliki kendali atas perekonomian Amerika Serikat, sehingga punya pengaruh penting pula terhadap perekonomian dan kondisi pasar di dunia” ) , maka peluang krisis juga akan berubah membesar, dan itu akan terjadi di Indonesia”.

Resiko (resesi) Indonesia hanya 3 persen dan Indonesia negara yang cukup kuat. Tapi itu adalah half truth (separuh kebenaran) karena kenyataannya dalam ekonomi itu tidak ada yang bisa mengklaim bahwa dia 100 persen benar,”.

Data pemerintah dalam menampilkan   data-data tidak  kredibel. Indonesia mempunyai trajektori yang sama seperti Sri Lanka. Srilanka mempunyai banyak pengeluaran, berani berutang untuk membiayai APBN dan pembangunan, tapi melupakan pendapatan/penerimaan negara. Bahkan kesalahan fatalnya adalah memangkas rate pajak dari 10 persen menjadi delapan persen.

Extens Indonesia mempunyai trajektori yang sama. Di antaranya adalah dari perkembangan Tax Ratio terhadap PDB mengalami penurunan secara terus menerus dari tahun 2011, dimana Indonesia berada di double digit 11,16 persen dan turun terus hingga single digit di tahun ini di kisaran 9,30 persen. Dan ini adalah tax ratio terendah diantara negara-negara ASEAN.

“Artinya kita perlu waspadai bagaimana tax ratio ini akan mempersempit ruang gerak Indonesia untuk membayar utang yang akhirnya menambah kerentanan Indonesia sebagai negara. Artinya Indonesia melakukan trajektori yang sama seperti halnya Sri Lanka,”

LBP tidak perlu nantang nantang rakyat, tidak akan ada pengaruhnya selain akan menambah gaduh situasinya. Jangan menuduh analisa para pengamat ekonomi sedang mencari popularitas dan bertujuan politik, yang dengan jernih melihat posisi kemungkinan terjadinya resesi dengan kehati hatian.

Dugaan kuat LBP sebagai komandan Oligarki,  jelas bersikap politis untuk kepentingan Oligarki. Mengajak semua pihak harus kompak, dibalik Oligargi terus mengacak acak rakyat dan negara, saat ini sudah menjadi musuh rakyat karena akan menghancurkan tatanan negara . Dugaan kuat Megawati sudah risih melihat sepak terjang LBP yang sok jagoan.

LBP menuduh yang kritik ada kesamaan Indonesia dengan Srilangka sedang mencari popularitas dan berita mombastis. Sulit orang membaca diri ketika sedang kesurupan itu ada pada LBP sendiri. Rakyat sudah muak melihat kalian yang sudah senyawa dengan Oligarki  dan harus dimusnahkan. Kesombonganmu akan berhadapan dengan realitas, berhadapan dengan rakyat dengan segala resikonya. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini