spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Kesalahan LIPI, Pendapatan Indonesia Selalu Defisit?

KNews.id- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI memiliki sesuatu menarik untuk diceritakan. Yaitu dalam hal pengelolaan keuangan negara yang dinilai buruk oleh masyarakat.

Pada saat berdiri tahun 1967, LIPI melanjutkan tugas Lembaga Riset Nasional atau Lemrenas. Sejak saat itu LIPI memiliki tugas membimbing perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berakar di Indonesia agar dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia pada khususnya, dan umat manusia pada umumnya.

- Advertisement -

Namun, berbicara mengenai manfaat dan kesejahteraan masyarakat, timbul peetanyaan. Manfaat mana yang didapatkan oleh masyarakat? Ketika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dalam hal Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2016 pada satker-satker terlambat disetor ke kas negara sebesar Rp1,7 miliar.

Padahal dari angka fantastis tersebut, jika tidak terlambat disetorkan ke kas negara, tentu dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di negeri ini, dan manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat. Kondisi tersebut juga dapat mengakibatkan penerimaan negara yang harusnya diterima tepat waktu di rekening kas negara sebesar Rp1.748.028.427, terlambat untuk membiayai belanja negara.

Masalah ini mestinya harus menjadi perhatian seluruh rakyat Indonesia. Selama ini pendapatan negara kita lebih kecil ketimbang dengan belanja yang dikeluarkan. Dari tahun ke tahun selalu defisit dan hal ini yang selalu abai untuk ditindaklanjuti.

Padahal dalam payung hukumnya, memperlambat penerimaan negara sangat dilarang keras. Apalagi jika PNBP tersebut digunakan langsung oleh lembaga terkait dan ini tentu merupakan pelanggaran.

- Advertisement -

Memperlambatnya saja sudah mendapatkan sanksi bagi pejabat terkait, apalagi PNBP tersebut langsung digunakan. Oleh karena itu, publik berharap kepada aparat hukum dan BPK untuk menyedliki detail kasus keterlambatan PNBP yang ada di LIPI ini. (FT&Tim Investigator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini