spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Kerjasama Digitalisasi, Telkom Indonesia Gandeng BUMN Kesehatan

KNews – Kerja sama digitalisasi, Telkom Indonesia gandeng BUMN kesehatan. Dalam upaya mendukung terwujudnya ekonomi digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) melalui Leap-Telkom Digital (Leap) terus menghadirkan ANTARES sebagai layanan penyedia resource platform pengembangan teknologi Internet of Things (IoT).

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, mengatakan bahwa Telkom melalui Leap melihat IoT menjadi salah satu ekosistem yang sangat potensial dan pasar IoT di Indonesia masih akan semakin berkembang.

- Advertisement -

”Oleh karena itu, kami mengembangkan ANTARES dengan harapan di masa datang akan menjadi platform yang dapat memberikan jawaban dan solusi untuk kebutuhan IoT. Langkah ini kami mulai dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, dua di antaranya adalah dengan Kimia Farma dan Bio Farma. Harapan kami, kedepannya ANTARES dapat digunakan oleh lebih banyak kalangan,” ujar Fajrin dalam keterangan resminya, Senin (25/4).

Leap melalui ANTARES secara aktif mendukung digitalisasi di ekosistem kesehatan salah satunya melalui kerja sama dengan dua BUMN di sektor kesehatan, yaitu Kimia Farma dan Bio Farma.

- Advertisement -

Kerja sama ANTARES dengan Kimia Farma hadir dalam bentuk smart manufacturing, di mana ANTARES mengembangkan sistem power monitoring, environment monitoring, dan real-time machine monitoring.

Melalui pengadopsian sistem IoT ini, dapat meningkatkan efisiensi produksi dan menghemat biaya produksi.

- Advertisement -

ANTARES juga bekerja sama dengan Bio Farma dalam pendistribusian vaksin, terutama distribusi hingga ke daerah terpencil.

Melalui kerja sama ini dapat menjamin terpenuhinya stok vaksin dengan tujuan untuk menekan kasus, yang pada akhirnya dapat berkontribusi dalam penurunan angka kasus covid di Indonesia.

ANTARES merupakan umbrella brand yang terdiri dari tiga pilar, yaitu ANTARES Platform, ANTARES Connectivity, dan ANTARES Solutions.

ANTARES hadir sebagai Internet of Things (IoT) enabler, yaitu end to end solution untuk mengatasi berbagai permasalahan bisnis dari sisi IoT.

ANTARES adalah bagian dari Leap yang merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. (RKZ/kkci)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini