spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Kepala Otorita IKN, Jokowi Prioritaskan ke Sosok yang Punya Jejak Internasional

KNews – Kepala Otorita IKN, Jokowi prioritaskan ke sosok yang punya jejak Internasional. Presiden Jokowi akan segera mengumumkan Kepala Otorita IKN Nusantara.

Berbagai spekulasi nama kemudian muncul menjadi calon kandidat kuat Kepala Otorita IKN.

- Advertisement -

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat diprediksi menjadi calon terkuat Kepala Otorita IKN Nusantara.

Namun, setelah Presiden Jokowi mengatakan jika sosok Ketua IKN Nusantara bukan dari kalangan Partai Politik, membuat peta persaingan kemudian berubah total.

- Advertisement -

Kepala Otorita IKN dari Non Partai

Jokowi memastikan bahwa Kepala Otorita IKN dijabat oleh seseorang yang bukan dari kalangan partai. “Non partai,” kata Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Hal ini langsung membuat banyak pihak tak lagi yakin jika mantan Gubernur Jakarta itu menjadi kepala IKN baru. Banyak nama lain yang juga diunggulkan jadi Kepala IKN Nusantara, seperti Gubernur Jabar saat ini Ridwan Kamil, atau Mensos Tri Rismaharini.

- Advertisement -

Presiden Jokowi direncanakan akan mengumumkan dan melantik nama Kepala Otorita IKN pada Maret atau April 2022.

Dilansir dari Suara, jaringan media Hops.ID, Selasa 1 Maret 2022, muncul satu nama yang diduga kuat akan menjadi pilihan Presiden Jokowi sebagai Kepala Otorita IKN.

Dia adalah Bambang Susantono. Dia memiliki track record yang bisa dibilang cukup mumpuni.

Salah satunya ia pernah menduduki jabatan  sebagai Vice President Knowledge Management and Sustainable Development Asian Development Bank (ADB).

Bambang diketahui akan mengakhiri masa jabatannya pada Juli 2022. Tak hanya itu dia juga menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Perhubungan pada saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintah.

Berbagai kalangan juga sempat memprediksi jika sosok Kepala otorita IKN Nusantara berasal dari kalangan profesional yang jarang bersentuhan dengan dunia politik.

Pemilihan Akan Dilakukan Seperti Menteri

Presiden Jokowi mengatakan nama Kepala Otorita IKN baru, Nusantara yang pertama akan diumumkan dan dilantik minggu depan.

“Secepatnya-secepatnya, ya mungkin ini minggu-minggu depan sudah kita lantik,” kata Jokowi.

Senada dengan Jokowi, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Wendy Tuturoong mengatakan jika Presiden Jokowi telah menyatakan akan segera mengumumkan dan melantik yang akan menjadi Kepala Otorita IKN.

”Perkiraannya  pada Maret atau April 2022,” jelasnya.

Wendy menerangkan bahwa presiden memilih calon Kepala Otorita IKN akan serupa dengan pemilihan menteri di kabinetnya.

“Jokowi juga akan menerima masukan dari berbagai pihak mengenai calon Kepala Otorita IKN tersebut,” tuturnya. (RKZ/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini