spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

Kenapa terdapat Larangan Mengibarkan Merah-Putih di PIK, Ada Apa?

KNews.id- Kasus pelarangan pengibaran bendera merah putih di Pantai Indah Kapuk masih bergulir deras. Narasi yang berkembang adalah bagaimana pengibaran bendera itu dilarang oleh aparat Satpol PP dan Polisi, di Penjaringan, Jakarta Utara.

Padahal, menurut Polisi, narasi yang beredar di video-video yang viral tidak benar adanya. Yang benar adalah tidak pernah ada larangan untuk mengibarkan bendera merah putih di PIK. Hal itu disampaikan Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan.

- Advertisement -

“Kita luruskan bahwa itu tidak benar,” kata Guruh saat dihubungi, Rabu 18 Agustus 2021.

Menurut Guruh, Polisi sebenarnya melarang kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Dan Polisi menilai pengibaran bendera merah putih di jembatan PIK itu bakal memantik warga untuk berkerumun di lokasi.

- Advertisement -

“Yang kita larang itu adalah berkerumun dan kita tidak ingin terjadi klaster baru, intinya seperti itu, bukan kita melarang mereka mengibarkan bendera, salah itu,” katanya.

“Kalau mereka mengibarkan bendera di situ kan pasti terjadi kerumunan. Nah ini yang kita tidak inginkan karena saat ini Jakarta penularan (COVID-19) kan sudah turun. Jangan sampai nanti ada kumpul di situ akhirnya naik lagi (kasus positif COVID) repot lagi nanti kita antisipasi,” tutur dia.

- Advertisement -

Kronologi Kejadian Merah-Putih di PIK

Diketahui sebelumnya ada sebuah video yang kemudian viral terkait adanya aksi penghadangan pengibaran bendera Merah Putih. Dari video yang beredar terlihat petugas kepolisian dan TNI berjaga memblokade area jembatan PIK.

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa 17 Agustus 2021, sekira pukul 09.00 WIB dan disebut akan dilakukan oleh organisasi Laskar Merah Putih (LMP). Terlihat aparat polisi dan TNI berjaga di jembatan PIK menghadang massa. Perekam video viral itu menyayangkan aksi penghadangan yang dilakukan aparat.

“Nangis di hari kemerdekaan kita dihadapkan dengan situasi seperti ini. Negeri ini mau jadi apa? Ini kami berada di PIK. Tapi malah seperti ini, bagaimana hari kemerdekaan ini tidak boleh digelar merah putih. Aneh, kami hanya sekadar ingin foto aja,” kata perekam video. (AHM/hops)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini