spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Kenapa Rusia Semakin Keteteran di Ukraina?

Menurut Waffaa, langkah tersebut tidak akan populer di dalam Rusia, pun mengganggu “stabilitas negaranya sendiri.”

Selain itu, Waffaa mengungkapkan bahwa sejak Putin mengumumkan mobilisasi parsial, keresahan mulai terjadi di dalam negeri Rusia.

- Advertisement -

“Sejak pengumuman mobilisasi parsial, di dalam negeri Rusia sudah banyak keresahan. Jumlahnya belum begitu jelas akan seberapa besar yang ditarik. Apalagi kan dalam implementasinya banyak juga isu terkait siapa orang yang bisa ditarik [isu drafting],” kata Waffaa.

Senada dengan pendapat Waffaa, pengamat hubungan internasional dari Universitas Pelita Harapan Yosef Djakababa menilai kebijakan mobilisasi ini membuat banyak warga Rusia pergi ke negara lain.

- Advertisement -

“Kebijakan ini menimbulkan efek banyaknya warga Rusia yang kemudian mengungsi keluar Rusia, seperti ke Finlandia dan Georgia, untuk menghindar dari kewajiban masuk ke dinas militer untuk dikirim ke Ukraina,” kata Yosef ketika dihubungi CNNIndonesia.com pada Selasa (4/10).

Berkaitan dengan hubungan status operasi militer khusus Rusia dalam perang Ukraina, Yosef berpendapat istilah tersebut digunakan untuk “melegitimasi” invasi Moskow.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini