spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Kemenparekraf Dukung BTN JAKIM 2024

KNews.id – JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyambut positif penyelenggaraan BTN Jakarta International Marathon (BTN JAKIM) 2024 yang akan berlangsung pada Minggu, 23 Juni 2024.

Ajang marathon berkelas dunia dan diakui oleh badan atletik dunia yakni World Athletics ini diyakini bisa membantu promosi pariwisata Jakarta dan Indonesia.

- Advertisement -

“Saya dapat kabar sudah sekitar 15 ribu peserta yang mendaftar termasuk para peserta asing dari 32 negara. BTN Jakim 2024 Ini sangat membantu tugas Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata Indonesia termasuk membantu Pemprov DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan peran Kota Jakarta sebagai kota sport tourism,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Uno, di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap event kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta yang ke-497 ini, bisa berkelanjutan dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan oleh para pelari baik dari dalam maupun mancanegara.

“Ini merupakan ajang lari marathon terbesar yang pernah diselenggarakan di Jakarta, karena kami sangat mengapresiasi kepada Bank BTN yang menjadi sponsor untuk mendukung kemajuan sport tourism di Indonesia,” ujar Sandiaga.

- Advertisement -

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah sendiri mengaku bahwa pihaknya bersama BTN secara serius mempersiapkan ajang BTN JAKIM 2024, termasuk melakukan studi banding ke Jepang, Amerika Serikat dan Inggris untuk mencontoh kesuksesan ajang marathon berkelas dunia seperti halnya Tokyo, Boston dan London Marathon.

“Saking seriusnya Pak PJ Gubernur DKI Jakarta (Heru Budi Hartono/red) memerintahkan kita untuk belajar langsung ke Tokyo, Boston dan London,” kata Andri Yansyah.

Menurut Andri Yansyah dari hasil studi bandingnya tersebut, Pemprov DKI Jakarta menjamin penyelenggaraan BTN JAKIM 2024 akan berjalan dengan mengusung prinsip 3S (Steril, Safety dan Secure).

Corporate Secretay BTN, Ramon Armando menambahkan bahwa dengan ikut mensponsori ajang marathon berkelas dunia ini, diharapkan dapat meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk-produk yang dimiliki BTN.

Perhelatan BTN JAKIM 2024 ini merupakan ajang yang cukup besar skalanya untuk kota Jakarta, dengan peserta ditargetkan mencapai sekitar 15.000 pelari baik dalam maupun luar negeri. Mereka akan berkompetisi dalam tiga kategori lomba, yakni Marathon (42,195K), Half Marathon (21,0975K), dan 10K. Para peserta akan memperebutkan hadiah sebesar Rp3 miliar termasuk sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Race Director BTN JAKIM 2024 Satrio Guardian mengatakan, ajang ini akan menawarkan pengalaman lari yang menantang sekaligus memukau dengan rute yang melintasi pemandangan indah khas kota metropolitan Jakarta. Dengan garis finish yang berada di dalam Stadion Utama GBK, diyakini hal ini akan menjadi pengalaman baru yang menarik bagi peserta.

Masyarakat dan para peserta Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 tidak perlu khawatir dengan ketersediaan transportasi umum dan kantong parkir di sekitar area Sudirman dan Thamrin saat perhelatan yang diadakan pada Minggu, 23 Juni 2024. Panitia juga menyediakan shelter bus untuk mengantar 15.000 peserta JAKIM 2024 ke kawasan Monas yang menjadi titik start ajang Marathon kelas dunia tersebut.

Diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta, BTN JAKIM 2024 akan dipusatkan di sekitar area silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Pemerintah Provinsi Jakarta akan menutup 36 ruas jalan selama perhelatan berlangsung.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo baru-baru ini menjelaskan bahwa selain 16 rute alternatif untuk area Sudirman hingga Thamrin, Pemprov Jakarta tetap menjamin transportasi umum yakni TransJakarta, MRT, LRT, dan KRL tetap beroperasi saat acara berlangsung. Bahkan, jam operasional transportasi umum tersebut juga ditambahkan untuk memfasilitasi peserta dan pengunjung acara maraton.

Namun, untuk penumpang TransJakarta, perlu diketahui bahwa sebanyak 58 rutenya akan disesuaikan karena bersinggungan dengan rute JAKIM 2024. Di antara rute yang tentunya terdampak contohnya 4C (Pemuda-Bundaran Senayan), BW2 (Monas Explorer), 6V (Ragunan-GBK), 1F (St. Palmerah-Bundaran Senayan), dan 3F (Kalideres-GBK).

Untuk mempermudah para peserta mengakses lokasi start di Monas Silang Barat Laut, Dinas Perhubungan Jakarta telah menyiapkan 17 titik lokasi parkir yang ditempatkan di sekitar Monas dan GBK.

(Zs/BTN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini