spot_img
Sabtu, Maret 30, 2024
spot_img

Kembali, Roket Katyusha Menyerang Militer AS di Irak

KNews.id- Sebuah roket kembali menghantam militer Amerika Serikat di Irak. Kejadian ini dilaporkan terjadi Kamis (13/2/2020) malam, di basis militer Irak K1, yang dipenuhi tentara AS.

Menurut sumber keamanan Irak, roket Katyusha menghantam area terbuka di pangkalan tersebut sekitar pukul 20:45 waktu setempat. Namun AFP melaporkan belum ada korban dari serangan tersebut. Pasukan AS pun dikatakan sudah menemukan posisi pelaku penembak rudal. Landasan peluncuran rudal berada sekitar lima kilometer dari K1.

“Saat ini, masih ada 11 roket yang belum ditembakkan,” tulis media Prancis itu. Namun belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Ini merupakan serangan ke-20 yang ditujukan ke AS, setelah serangan di Kedutaan Besar negeri itu di Baghdad awal Februari lalu. Serangan ini juga merupakan serangan kedua, yang terjadi di pangkalan K1, setelah 27 Desember lalu. 

Saat itu, sebanyak 30 roket ditembakkan dan menewaskan satu warga AS. Washington kemudian menyalahkan roket Kataeb buatan kelompok Hizbullah, sebuah faksi militer Irak yang dekat dengan Iran. 

Serangan balasan, ketika itu, diluncurkan AS dan menewaskan 25 orang tentara Hizbullah. Serangan tersebut juga menjadi alasan AS meluncurkan pesawat tak berawak ke Bandara Baghdad, yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani 3 Januari lalu. 

Serangan itu pun dibalas Iran pada 8 Januari. Di mana, meski tak ada korban, Pentagon mengatakan ada 100 tentara AS cedera otak akibat serangan itu. (Fahad Hasan&AFP)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini