spot_img
Kamis, Mei 16, 2024
spot_img

Kekayaan Pangeran Salman, Putra Mahkota Arab Saudi

KNews.id- Kekayaan pangeran Salman, putra mahkota Arab Saudi. Kekayaan Mohammed bin Salman diperkirakan USD25 miliar atau setara dengan Rp375 triliun per Mei 2023.

Mohammed bin Salman merupakan Putra Mahkota Arab Saudi. Dia merupakan segelintir orang yang berpengaruh dalam dunia perpolitikan Arab Saudi. Pasalnya, tahun lalu dia resmi diangkat menjadi Perdana Menteri Arab Saudi. Berdasar data yang sudah diketahui, berikut aset yang dimiliki MBS:

- Advertisement -

1. Saham Aramco

Aramco merupakan salah satu perusahaan energi terbesar di dunia. Atas kebijakannya, ia mengalihkan saham Saudi Aramco ke Dana Investasi Publik (PIF).

- Advertisement -

Besaran saham Aramco yang dialihkan ke lembaga penampung dana abadi Kerajaan Arab Saudi adalah 4%. Saham 4% itu sendiri memiliki nilai hampir USD80 miliar atau Rp1.147,5 triliun. MBS mengatakan negara tetap menjadi pemegang saham terbesar di Saudi Aramco setelah proses transfer saham tersebut, karena mempertahankan lebih dari 94 persen saham perusahaan itu.

2. Segudang Investasi

- Advertisement -

Di Arab Saudi ia dikenal dengan keterlibatan dalam usaha minyak dan transportasi. Ia juga memiliki peternakan sapi yang dikatakan merupakan terbesar di dunia dan terletak di Arab Saudi. Sementara itu, di luar negeri ia juga turut berinvestasi di beragam sektor.

Pada 2021, ia membeli Newcastle United, klub sepak bola Liga Inggris sebesar USD415 Juta. Mundur kembali ke 2015 di Prancis, MBS mengakuisisi Chateau Louis XIV, salah satu vila mewah yang termasuk termahal di dunia sebesar USD299 Juta.

3. Barang Mewah

Walau MBS tidak begitu hobi terhadap mobil, menurut sejumlah laporan. Ia tetap mengoleksinya sebagai pajangan. Brand mobil seperti Bugatti, Lamborghini dan Ferrari menjadi pilihannya. Ia juga tercatat memiliki driving range (golf), helipad, teater pribadi, tempat pesta dansa dan barbeque dan lain sebagainya.

Sekalipun MBS merupakan seorang keturunan bangsawan keluarga ternama (Saud Family). Ia tidak lupa menyumbang kelebihan hartanya untuk membantu anak-anak muda mengembangkan talenta, kreativitas, kemampuan sains dan perikemanusiaan dengan MiSK Foundation. Yayasan ini merupakan gerakan non-profit yang didirikan oleh Pangeran Mohammed sendiri pada 2011.

MBS beberapa kali mendapat penghargaan-penghargaan skala internasional. Mulai dari berada di jajaran 10 orang paling berpengaruh pada 2018 edisi TIME, lalu penghargaan “Personality of the Year” oleh Forbes Timur Tengah pada 2013, menteri pertahanan termuda di dunia, serta kemungkinan menjadi raja termuda dalam sejarah Arab Saudi. (Zs/OF)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini