spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Kebijakan Presiden semakin tak Relevan, Indonesia Terancam Mengalami Zombie Economy

KNews.id- Sektor ekonomi yang dihantam dengan pandemi Covid-19 ditambah dengan tidak relevannya kebijakan yang diambil pemerintah membuat Indonesia berada dalam situasi zombie economy.

Begitu kiranya yang disampaikan oleh Gurubesar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Akhmad Fauzi dalam diskusi yang digelar FEM IPB bertajuk “Escape from Dead Economy” pada Selasa (6/7).

- Advertisement -

Akhmad Fauzi menjelaskan, zombie economy adalah situasi ketika pengambil kebijakan sering menggunakan teori atau pendekatan yang sudah zombie atau mati. Dengan kata lain tidak relevan namun masih tetap digunakan untuk menangani masalah yang kompleks.

“(Zombie economy) menggambarkan kondisi realistik, situasi saat ini yang sedang kita alami,” ujarnya.

- Advertisement -

“Mal-mal besar ditutup itu zombie economy. Mereka harus bayar utang, bayar cicilan, bayar karyawan, sedangkan pendapatan unprofitable,” jelasnya.

Ia kemudian menuturkan, situasi ini bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga di negara-negara berpendapatan rendah lainnya.

- Advertisement -

Mengutip data dari World Bank tahun 2021, ia menyebut, dunia memang mengalami pemulihan ekonomi, namun tidak merata. Seperti halnya ketika negara-negara Eropa mulai melonggarkan pembatasan dan membuka sektor ekonomi, sementara Indonesia baru memulai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. (AHM/LJ)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini