spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

KB Bukopin Salurkan Pembiayaan Pre Order Mobil Hyundai Hingga Rp1,6 Triliun

KNews.id – PT Bank KB Bukopin Tbk. (IDX: BBKP) berhasil mencatatkan nilai pembiayaan pre order (PO) kendaraan atau dealer financing lebih dari Rp1,6 triliun pada periode Januari hingga Mei 2023 dengan jumlah mobil mencapai 3.112 unit. Pencapaian ini telah melampaui target awal perseroan sebesar Rp1,5 triliun hingga akhir tahun 2023.

Dealer financing merupakan skema pembiayaan bagi dealer yang memiliki perjanjian eksklusif dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk penjualan kendaraan baru. ATPM yang sudah bekerja sama dengan KB Bukopin adalah Hyundai Motor Indonesia.

- Advertisement -

Pencapaian dealer financing Hyundai pertengahan kuartal II ini naik signifikan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp89 miliar, dengan jumlah mobil mencapai 211 unit.

Direktur UKM & Wholesale KB Bukopin Yohanes Suhardi mengatakan, “Pencapaian yang luar biasa ini dapat tercapai berkat kerja sama yang baik antara KB Bukopin dengan Hyundai Motor Indonesia. Tentunya kami berharap dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan keberlanjutan ekonomi di Tanah Air dalam bidang otomotif, khususnya roda empat. Pasalnya, industri otomotif roda empat merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Nasional.”

- Advertisement -

Saat ini KB Bukopin telah memberikan pembiayaan pre order mobil kepada 30 dealer Hyundai dengan rata-rata pembiayaan Rp5 miliar hingga Rp200 miliar untuk setiap dealer.

KB Bukopin memproyeksikan pembiayaan kendaraan bermotor akan terus bertumbuh pada tahun ini. Terlebih saat ini tren permintaan atas mobil listrik atau electric vehicle (EV) terus meningkat. KB Bukopin berkomitmen dalam mendukung penjualan kendaraan bermotor Hyundai, terutama mobil listrik sebagai salah satu dukungan terhadap penerapan energi baru terbarukan (EBT) kendaraan bermotor di Indonesia.

- Advertisement -

Partisipasi KB Bukopin dalam pembiayaan berkelanjutan atau pembiayaan berbasis environmental, social, and governance (ESG) seperti EV, sejalan dengan program dan inisiatif pemerintah terkait dengan pembiayaan hijau. Sehubungan dengan itu KB Bukopin bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk pengembangan kendaraan listrik, baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan komersial, termasuk membangun ekosistemnya seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Yohanes menambahkan, “Ini menunjukkan komitmen kuat KB Bukopin untuk mendukung transisi Indonesia menuju transportasi berkelanjutan dan komitmen  environmental, social, and governance (ESG) dari kami.”

KB Bukopin telah memberikan pembiayaan kepada dealer authorized Hyundai dan akan melakukan kerja sama dengan PT Sunindo Kookmin Best Finance (SKBF) untuk menyalurkan kredit pemilikan mobil listrik dan mobil konvensional. KB Bukopin yakin dengan ikut aktif dalam pembiayaan berkelanjutan, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi, dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini.

Ke depannya, Bank KB Bukopin memiliki strategi untuk melakukan ekspansi pada segmen bisnis ini dan membuka peluang bagi ATPM lainnya untuk berpartisipasi dalam dealer financing bersama Bank KB Bukopin. (Zs/KC)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini