spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

KB Bukopin Menyalurkan Rp2 Triliun Kredit Baru di Kuartal I-2023!

KNews.id- PT KB Bukopin Tbk (BBKP) telah berhasil mencatatkan peningkatan pendapatan bunga 23,5% yoy menjadi Rp1,1 triliun pada kuartal I-2023, di mana pertumbuhan pendapatan bunga tersebut didorong oleh penyaluran kredit baru sebesar Rp2 triliun yang meningkat 38,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski begitu, perusahaan mencatat adanya penurunan total kredit sebesar 13,2% yoy menjadi Rp45,8 triliun di kuartal I-2023, penurunan tersebut sebagai bagian dari strategi KB Bukopin untuk memperbaiki kualitas aset dengan cara melakukan penyelesaian atas kredit kualitas rendah.

- Advertisement -

KB Bukopin yang sedang dalam tahap turnaround agar menjadi perusahaan yang lebih baik, telah berhasil menurunkan angka kredit bermasalah bruto atau non-performing loan (NPL) gross sebesar 48,6% yoy menjadi Rp3,2 triliun hingga Maret 2023 dari posisi Rp6,1 triliun tahun sebelumnya dengan rasio NPL Gross 7%.

Presiden Direktur, Robby Mondong, mengatakan bahwa upaya Bank KB Bukopin untuk meningkatkan kualitas aset telah menunjukkan hasil, antara lain dapat dilihat dari jumlah kredit bermasalah yang turun secara drastis pada kuartal I-2023.

- Advertisement -

“Perbaikan kualitas asset ini berhasil diraih melalui metode organik seperti penagihan intensif, cessie, maupun upaya non organik melalui penjualan portfolio dan hapus buku,” ucap Robby dalam keterangan resmi di Jakarta, 5 Mei 2023.

Tidak hanya itu, perbaikan kinerja tersebut juga tercermin dari peningkatan kualitas aset KB Bukopin pada tingkat LAR (loan at risk) yang menurun dari 64,4% di kuartal I-2022 menjadi 50,3% di kuartal I 2023.

- Advertisement -

Sedangkan, untuk total simpanan KB Bukopin tercatat menurun 5,4% secara yoy menjadi Rp46,5 triliun, dimana penurunan tersebut didasari oleh konsekuensi dari strategi KB Bukopin untuk membuat perubahan komposisi dana yang dikelola.

“Supaya ke depannya bisa fokus meningkatkan dana murah yang diperoleh dari tabungan dan giro atau CASA (Current Account Saving Account) untuk mengelola biaya dana (Cost of Fund),” imbuhnya.

Diketahui posisi rasio CASA saat ini berada di 20,6%, dan KB Bukopin telah menargetkan rasio CASA tersebut akan meningkat dan mendekati posisi 25% hingga akhir tahun 2023.

Selain itu, KB Bukopin juga akan berusaha untuk mempertahankan rasio kredit terhadap simpanan (LDR), di mana saat ini rasio tersebut berada di level 98,5%, serta mengelola dana secara efisien untuk menghindari dana menganggur yang berlebihan.

Adapun, NIM (net of interest margin) tercatat di posisi 0,8%, turun dibandingkan 1,7% pada periode yang sama tahun sebelumnya terutama disebabkan oleh tren peningkatan tingkat suku bunga acuan. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini