spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Kasus Covid-19 Kembali Membludak, Wapres: Pelonggaran Kita Tarik!

KNews.id- Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan, saat ini protokol kesehatan (prokes) harus kembali diketatkan serta masker harus dipakai lagi di luar ruangan imbas kasus covid kembali meledak. Kini kasus Covid-19 terus mengalami lonjakan bahkan positif harian menyentuh angka 2.000-an kasus.

“Kalau masker, protokol kesehatan tetap kita ketatkan, supaya masker terutama ya, kan (saat) ada kenaikan terpaksa kita pakai lagi. Jadi pelonggaran itu kita tarik dulu, sampai nanti situasinya memungkinkan kita buka lagi,” tegas Wapres dikutip dari pernyataan resminya disela kunjungan kerja di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (1/7).

- Advertisement -

Sementara itu, Wapres mengatakan pembatasan ataupun pelonggaran akan menyesuaikan level kasus Covid-19 di daerah masing-masing.

“Kita sudah punya ukuran-ukuran, di daerah-daerah itu ada levelnya, kemarin sudah di level 1 semua. Jadi kalau ada daerah yang naik, ya terpaksa dinaikkan levelnya, kemudian juga ada pembatasan-pembatasan sesuai dengan levelnya,” kata Wapres.

- Advertisement -

Wapres pun mengungkapkan mobilitas masyarakat tidak dikurangi. Mengingat, saat ini perkembangan ekonomi Indonesia yang sudah mulai membaik.

“Karena kita tidak ingin mengurangi mobilitas masyarakat, sebab itu berpengaruh pada perkembangan ekonomi kita yang sudah membaik,” sebut dia.

- Advertisement -

Wapres juga meminta agar daerah-daerah yang mulai mengalami lonjakan kasus seperti di DKI Jakarta untuk kembali menggencarkan vaksinasi dalam rangka meningkatkan kekebalan.

“Bagaimana kita mengendalikan, pendekatannya, pendekatan kedaerahan, provinsi mana yang ada kenaikan itu, kemarin itu DKI kan (yang kasusnya meningkat)? Jabotabek, itu yang kita coba atasi melalui kembali vaksinasinya digencarkan mungkin ada sudah mulai melemah ya kita vaksinasi kembali supaya memiliki kekebalan,” papar Wapres. (AHM/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini